23 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Umat Hindu di Bali Rayakan Hari Tilem

Rabu, 23 November 2022 | 08:12 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 23 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 23 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 23 November tahun ini jatuh pada hari Rabu dan umat Hindu di Bali akan merayakan Hari Tilem.

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Tilem adalah hari suci bagi umat Hindu yang dirayakan untuk memohon berkah dan karunia dari Hyang Widhi. Hari Tilem dirayakan setiap bulan pada waktu bulan mati atau kresna paksa.

Pada hari suci ini, umat Hindu akan memuja Sang Hyang Surya sebagai pelebur segala kekotoran (mala).

Tilem merupakan hari yang tepat untuk melakukan penyucian diri dan melebur segala kotoran yang terdapat pada diri manusia. Ini dikarenakan waktu tersebut diyakini merupakan sebagai waktu saat Hyang Surya beryoga semadi.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1889, jukebox disajikan untuk pertama kalinya di Palais Royale Saloon di San Francisco? Itu memiliki empat set jenis headphone yang sangat mendasar sehingga hingga empat orang dapat mendengarkan sekaligus.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 23 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2020

Charli D'Amelio menjadi orang pertama yang mencapai 100 juta pengikut di TikTok.

2004

Blizzard merilis World of Warcraft untuk PC dan Mac, mengubah adegan MMORPG selamanya.

Kebanyakan orang mengenal seseorang yang kecanduan World of Warcraft (WoW) di beberapa titik dalam hidup mereka, dan itu bahkan tidak berlebihan! Dengan paket ekspansi setelah paket ekspansi dirilis, tidak mengherankan jika WoW terus menyeret pemain kembali ke permainan.

1980

Partai Politik Independen Kulit Hitam Nasional (NBIPP) dibentuk di AS.

Komunitas Afrika-Amerika di AS menjadi semakin khawatir tentang tempat mereka di dunia politik AS, jadi mereka memulai NBIPP. Partai ini dibentuk selama konvensi tiga hari yang diadakan di Philadelphia dari 21-23 November. Kelompok ini berpisah setelah hanya enam tahun beraktivitas politik.

1972

Upaya keempat dan terakhir untuk meluncurkan roket N1 Uni Soviet gagal.

1963

Presiden Lyndon Johnson menjalani hari pertamanya menjabat setelah menjadi presiden ke-36 Amerika Serikat.

1924

The New York Times menerbitkan penemuan Edwin Hubble bahwa ‘nebula’ Andromeda sebenarnya adalah galaksi.

Sebelum penemuan Hubble, umumnya diperkirakan bahwa seluruh alam semesta terkandung di dalam galaksi kita, Bima Sakti. Penemuan itu dilakukan di Observatorium Mount Wilson di California, yang memiliki teleskop terbesar di dunia. Temuan Hubble benar-benar mengubah cara kita memandang alam semesta.

1921

Presiden AS Warren G. Harding menandatangani Undang-Undang Willis-Campbell, yang mulai berlaku mulai hari ini.

Undang-Undang Willis-Campbell adalah undang-undang yang menghentikan dokter meresepkan bir atau alkohol kepada pasien sebagai obat.

1897

J. L. Love mematenkan rautan pensilnya di AS.

1890

Raja William III dari Belanda meninggal pada usia 73 tahun dan tidak memiliki ahli waris laki-laki. Tahtanya diberikan kepada putrinya Putri Wilhelmina.

1889

Jukebox itu dipresentasikan untuk pertama kalinya di Palais Royale, Saloon di San Francisco, California, AS.

1867

Para Martir Manchester dari IRA digantung di depan 10.000 orang di Salford Gaol, Manchester, Inggris.

Ketiga pria itu bertanggung jawab atas penembakan dan kematian seorang petugas polisi yang mengangkut dua pemimpin kelompok tempat mereka berasal, ‘Persaudaraan Republik Irlandia.’

1852

Danau Merced, California, ditemukan tenggelam 30 kaki (9 meter).

Ada laporan tentang gemuruh besar yang terdengar sekitar pukul 11.00 malam sebelumnya. Orang-orang menemukan air danau terkuras secara signifikan pada malam berikutnya.

1765

Frederick County, Maryland, AS, menolak membayar Pajak Stempel Inggris. Ini adalah salah satu peristiwa penting menjelang Perang Revolusi Amerika.

1654

Filsuf agama Blaise Pascal memiliki pengalaman mimpi yang intens yang dia yakini sebagai visi religius.

Pengalaman ini secara dramatis mengubah hidupnya, dan dia menyimpan catatan tertulis tentang pengalamannya dalam mantelnya sampai dia meninggal delapan tahun setelahnya.

534 SM

Thespis of Icaria, seorang penyair Yunani kuno, menjadi orang pertama yang tercatat memerankan karakter dalam sebuah drama.

Sebelum ini, aktor hanya akan berbicara sebagai diri mereka sendiri, bukan sebagai karakter fiksi atau non-fiksi lainnya. Thespis juga bertanggung jawab untuk menciptakan bentuk teater yang dikenal sebagai Tragedi Yunani.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 23 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...