25 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Guru Nasional dan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional

Jumat, 25 November 2022 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 25 November /dreamstime.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 25 November /dreamstime.com

RIAU24.COM - Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional.

Baca Juga: 26 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Tanpa Belanja Sedunia 2022

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November sejak tahun 1994 dan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional sejak tahun 2000.

Tanggal 25 November juga merupakan hari ke-329 dalam setahun dan tersisa 36 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1817, AS mengadakan pertunjukan menelan pedang pertamanya di New York City? Pemainnya adalah Senaa Samma, yang telah melakukan perjalanan dari Tamil Nadu, India.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 25 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2021

Para kru di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional merayakan Thanksgiving.

Pada hari Thanksgiving, para astronot berlari di atas treadmill dan menyebutnya ‘Run, Turkey!’  Makanan khusus disediakan untuk acara tersebut. Meskipun masih dalam paket tertutup vakum, mereka menikmati manisan ubi, bisque kepiting, kalkun, dan tukang sepatu blueberry ceri untuk menghabiskan semuanya.

2019

Perusahaan barang mewah terbesar di dunia, Louis Vuitton (LVMH), membeli perhiasan Tiffany & Co. seharga $16.2 miliar.

2000

Setiap tanggal 25 November, diperingati sebagai Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Sudah sejak tahun 1981, PBB telah mengatur langkah dan upaya untuk menghapus segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan.

Ini karena, perempuan sering dipandang sebagai warga kelas dua di banyak belahan dunia. Karena itu, perempuan sering menjadi sasaran kekerasan oleh lawan jenis, baik itu pasangan intimnya atau bukan.

Namun jalan panjang masih harus ditempuh untuk bersepakat menentukan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Baru pada tahun 2000, Majelis Umum menetapkan bahwa setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, berdasarkan pada resolusi PBB nomor 54/134.

1994

Pada 25 November setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Berdasarkan sejarahnya, Hari Guru Nasional mulai ditetapkan pada 1994.

Pemerintah melalui Kemdikbud dalam situs resminya, menyebutkan Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Kepres) 78/1994. Dalam aturan tersebut diputuskan 25 November merupakan Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional bukanlah hari libur nasional. Akan tetapi, untuk memperingati hari tersebut, Kemdikbud menginstruksikan instansi pendidikan untuk mengadakan upacara bendera untuk menghormati guru-guru di Indonesia yang sudah dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

1975

Belanda memberikan kemerdekaan kepada Suriname, dan sejak itu dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Suriname.

1963

Pemakaman Presiden John F. Kennedy diadakan di Washington, DC.

Pejabat dari lebih dari sembilan puluh negara menghadiri pemakaman tersebut. JFK akhirnya diistirahatkan pada pukul 3:15 sore itu di Pemakaman Nasional Arlington di Virginia.

1924

USPTO menerima merek dagang untuk nama merek Kleenex.

1905

Telimco membuat iklan pertama untuk satu set radio sipil.

Iklan di ‘Scientific American’ memiliki harga $ 7.50 (sekitar $ 220 pada tahun 2020) dan mengklaim menerima sinyal hingga satu mil.

1884

John B. Meyenberg dari St. Louis, Missouri, mematenkan susu bubuk.

1847

Opera komedi romantis ‘Marta’ ditayangkan perdana di Wina oleh Jules-Henri Vernoy de Saint-Georges.

1839

Topan mematikan melanda India timur menewaskan lebih dari 300.000 orang dan menghancurkan 20.000 kapal.

1817

AS memiliki kinerja menelan pedang pertamanya di New York City.

1715

Inggris menyetujui paten Amerika pertama. Itu untuk mesin yang memproses jagung.

1667

Gempa bumi fatal menewaskan 80.000 orang di dekat kota Shemakha, Azerbaijan. Gempa itu berkekuatan sekitar 6,9 magnitudo, dengan pusat gempa di kedalaman 7,5 mil.

1491

Perjanjian Granada ditandatangani, menandai berakhirnya Perang Grenada, yang dimulai pada 1482.

Baca Juga: Daftar Pesepak Bola Tertua yang Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 25 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...