3 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Hari Difabel Internasional

Sabtu, 03 Desember 2022 | 08:06 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Desember /diedit.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Desember /diedit.com

RIAU24.COM Tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum Nasional dan Hari Difabel Internasional.

Baca Juga: Kisah Menara Eiffel yang Tak Banyak Diketahui Orang

Hari Bakti Pekerjaan Umum Nasional diperingati setiap tanggal 3 Desember sejak tahun 1945 dan Hari Difabel Internasional diperingati sejak tahun 1992.

Tanggal 3 Desember merupakan hari ke-337 dalam setahun dan tersisa 28 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1994, PlayStation asli diluncurkan di Jepang? Ini menjadi konsol video game pertama yang mengirimkan 100 juta unit.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Desember, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Peringatan 70 tahun NATO ditandai dengan pertemuan para pemimpin dunia di London, diikuti dengan resepsi oleh Elizabeth II di Istana Buckingham.

2019

Spotify mengumumkan Drake sebagai bintang yang paling banyak diputar pada tahun 2010-an dengan 28 miliar streaming, dan ‘Shape Of You’ dari Ed Sheeran sebagai lagu yang paling banyak diputar dengan 2.4 miliar streaming.

2018

Ryan yang berusia 7 tahun dari "Ryan Toysreview" diumumkan sebagai bintang YouTube dengan bayaran tertinggi tahun ini dengan penghasilan $ 22 juta.

2017

Pesta pizza pertama diadakan di luar angkasa.

Diadakan oleh astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional, acara tersebut didorong oleh seorang astronot Italia yang menyebutkan bahwa ia melewatkan pizza. Jadi NASA mengirimkan bahan-bahannya, dan sejarah dibuat!

2001

HAL Laboratory's Super Smash Bros Melee dirilis oleh Nintendo untuk GameCube.

Sementara judul pertama dalam seri ini sudah cukup populer, Super Smash Bros Melee menjatuhkannya langsung dari taman. Itu menjual lebih banyak salinan daripada game GameCube lainnya yang pernah dibuat.

1999

NASA kehilangan kontak radio dengan Mars Polar Lander beberapa saat sebelum pesawat ruang angkasa memasuki atmosfer Mars.

1994

PlayStation asli diluncurkan di Jepang.

1992

Hari Penyandang Cacat Internasional atau Hari Difabel Internasional adalah peringatan internasional yang didorong Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

1989

Presiden Soviet Mikhail Gorbachev dan Presiden AS George H. W. Bush menyatakan berakhirnya Perang Dingin.

1967

Tujuh pria bersenjata berusaha membunuh Bob Marley saat dia sedang istirahat dari latihan.

1945

Hari Bakti PU adalah peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum atau disingkat HARBAK setiap tanggal 3 Desember untuk memperingati sejarah peristiwa 3 Desember 1945 di Gedung Sate Bandung. Tahun ini adalah peringatan yang ke-77 tahun.

Pada 3 Desember 1945 sekitar pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang pemuda atau petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Para pemuda atau petugas pun mempertahankan Gedung Sate tersebut serta melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan Gedung V & W yang kala itu merupakan kantor Pusat Departemen Pekerjaan Umum pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Pertempuran 3 Desember 1945 di Gedung Sate pun berakhir pada pukul 14.00 WIB. Tercatat sebanyak 7 orang pegawai PU gugur dalam peristiwa tersebut dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

1926

Agatha Christie menghilang secara misterius selama 11 hari.

Pada hari ini, Agatha Christie pergi dari rumahnya dan hilang selama 11 hari. Pihak berwenang menemukan mobilnya, tetapi bukan Christie. Dia kemudian ditemukan di sebuah hotel, di mana dia sendiri tidak memiliki ingatan tentang hari-hari sebelumnya.

1910

Pencahayaan neon pertama kali didemonstrasikan di Paris Motor Show oleh Georges Claude.

1854

Pasukan negara bagian di Victoria, Australia, menewaskan lebih dari 30 penambang emas di Pertempuran Eureka Stockade.

1818

Illinois menjadi negara bagian ke-21 yang bergabung dengan Amerika Serikat.

1775

Bendera Grand Union berkibar untuk pertama kalinya dengan commissioning USS Alfred.

Grand Union Flag adalah bendera nasional pertama Amerika Serikat dan memulai debutnya di atas USS Alfred di Philadelphia, Pennsylvania. Bendera ini digunakan sampai tahun 1977, ketika bendera pertama dengan tiga belas bintang diperkenalkan.

Baca Juga: Jamur Cordyceps Muncul di Serial The Last of Us, Apakah Memang Bisa Ubah Manusia Jadi Zombie?

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Desember.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...