5 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Armada Republik Indonesia dan Hari Relawan Internasional

Senin, 05 Desember 2022 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 5 Desember /brabloggdesigner.blogg.se Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 5 Desember /brabloggdesigner.blogg.se

RIAU24.COM Tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada Republik Indonesia dan Hari Relawan Internasional.

Baca Juga: Sangat Peduli ke Orang Lain, 5 Zodiak Ini Punya Hati yang Lembut

Hari Armada Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Desember sejak tahun 1959 dan Hari Relawan Internasional diperingati sejak tahun 1985.

Tanggal 5 Desember merupakan hari ke-339 dalam setahun dan tersisa 26 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2008, O.J. Simpson dijatuhi hukuman 33 tahun penjara karena penculikan dan perampokan bersenjata? Dia diberikan pembebasan bersyarat sembilan tahun kemudian.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 5 Desember, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan bahwa 142.000 orang meninggal karena campak di seluruh dunia pada tahun 2018, hampir 20.000 lebih banyak daripada tahun 2017.

2019

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, mengumumkan pasal-pasal pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump akan disusun untuk penyalahgunaan kekuasaan.

2018

Dalam Proyek Karbon Global, dilaporkan bahwa emisi CO2 mencapai titik tertinggi sepanjang masa (naik 2,7%) didorong oleh penggunaan batu bara di Cina dan konsumsi minyak.

2017

Pengadilan Austria memutuskan mendukung pernikahan sesama jenis pada 2019.

2014

NASA berhasil meluncurkan Exploration Flight Test 1 untuk menguji modul kru Orion.

Penerbangan selesai tanpa kru untuk menguji berbagai sistem di atas modul untuk memastikan perjalanan yang aman bagi astronot masa depan. Pesawat ruang angkasa Orion diatur untuk mengembalikan manusia ke Bulan untuk pertama kalinya sejak misi Apollo di beberapa titik pada 2030-an.

 

2008

Mantan bintang NFL OJ Simpson dijatuhi hukuman 33 tahun penjara karena penculikan dan perampokan bersenjata.

2006

Gaun Audrey Hepburn dilelang dengan harga rekor.

Gaun hitam kecil klasik Hepburn dari ‘Breakfast at Tiffany's’ dilelang untuk amal seharga $923,187. Ini mengambil rekor lelang dunia untuk gaun yang dibuat untuk sebuah film.

2003

Penyanyi Meksiko Thalia the "Queen of Latin Pop," dianugerahi bintang di Hollywood Walk of Fame di Los Angeles.

2002

The Lord of the Rings: The Two Towers, disutradarai oleh Peter Jackson, tayang perdana di New York.

1991

Ukraina memilih Presiden pertamanya sejak negara itu memperoleh kemerdekaannya dari Uni Soviet.

1985

Hari Relawan Sedunia atau International Volunteer Day (IVD) ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1985.

Tujuannya untuk mendorong dan memberikan semangat para relawan, baik yang individu maupun yang terlibat dalam lembaga untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat di lingkungan, bahkan dalam skala negara sekalipun.

1974

Episode terakhir Monty Python ditayangkan, yang bubar karena satu anggota yang kehilangan minat dan yang lain yang berjuang dengan alkoholisme.

1959

Setelah adanya pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatan dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain.

Armada Rl juga berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta.

Kemudian kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Lalu berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor: Kep. 171 / III / 1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

1848

Presiden James K. Polk mengkonfirmasi penemuan emas.

Demam Emas tahun 1849 dipicu oleh Presiden AS ketika dia mengkonfirmasi penemuan emas di California selama pidato kepada Kongres.

1792

George Washington terpilih kembali sebagai Presiden AS. Presiden George Washington terpilih kembali dengan suara bulat di Electoral College, bersama dengan John Adams terpilih kembali sebagai Wakil Presiden.

1776

Persaudaraan pertama di AS didirikan di William and Mary College: Phi Beta Kappa.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya 

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 5 Desember.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...