8 Desember: Fakta dan Peristiwa Hari Ini, Kebakaran Hancurkan Teater Cincin Wina Tewaskan 800 Lebih Jiwa

Kamis, 08 Desember 2022 | 08:12 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 8 Desember /diedit.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 8 Desember /diedit.com

RIAU24.COM Tanggal 8 Desember merupakan hari ke-342 dalam setahun dan tersisa 23 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Baca Juga: Sangat Peduli ke Orang Lain, 5 Zodiak Ini Punya Hati yang Lembut

Jika hari ini berarti bagi Anda, maka Anda pasti ingin menemukan semua peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ini yang akan membantu menjadikan hari Anda lebih istimewa.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1864, Jembatan Gantung Clifton akhirnya dibuka? Dari jembatan inilah bungee jump modern pertama diambil.

Di tanggal ini pada tahun 1881, juga terjadi kebakaran yang menghancurkan Teater Cincin Wina menewaskan lebih dari 800 orang.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 8 Desember, dirangkum Riau24.com dari berbagai sumber:

2013

Metallica menjadi band pertama yang tampil di ketujuh benua ketika mereka mengadakan konser di Antartika.

‘Freeze 'em All,’ seperti yang dijuluki Metallica sebagai pertunjukan, diadakan di kubah raksasa untuk melindungi penonton 120 dari elemen keras. Penonton harus mendengarkan band melalui headphone karena takut musik keras yang diperkuat secara negatif mempengaruhi ekosistem Antartika yang halus.

2010

SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang meluncurkan, mengorbit, dan memulihkan pesawat ruang angkasa.

Misi SpaceX tidak mungkin berjalan lebih baik, dengan semua sistem melaporkan kondisi nominal secara keseluruhan. Tonggak sejarah ini sebelumnya baru dicapai oleh badan antariksa nasional seperti NASA dan Roscosmos.

1991

Persemakmuran Negara-Negara Merdeka dibentuk oleh para pemimpin Rusia, Ukraina, dan Belarus.

Pada saat yang sama CIS dibentuk, Uni Soviet dibubarkan. Akibatnya, masuk ke CIS diberikan secara bebas kepada bekas Republik Soviet dan negara mana pun yang memiliki nilai-nilai serupa.

1990

Pesawat ruang angkasa Galileo NASA melakukan flyby pertamanya ke Bumi.

1987

Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian yang menghilangkan rudal nuklir jarak menengah.

1982

Sophie's Choice, disutradarai oleh Alan J. Pakula, dirilis. Film ini didasarkan pada novel tahun 1979 karya William Styron dengan nama yang sama.

1980

John Lennon melakukan pemotretan profesional terakhirnya.

Annie Leibovitz melakukan pemotretan dengan John Lennon untuk Majalah Rolling Stone. Awalnya itu hanya seharusnya Lennon, tetapi Lennon bersikeras untuk memiliki pasangannya, Yoko Ono, di foto bersamanya. Lennon ditembak dan dibunuh hanya lima jam kemudian.

1963

Frank Sinatra Jr. diculik.

Putra satu-satunya Frank Sinatra diculik dengan todongan senjata di Danau Tahoe. Dia ditahan selama 54 jam oleh sekelompok pria yang menuntut agar ayahnya membayar tebusan sebesar $ 240,000, yang dia lakukan. Sinatra Jr. kemudian dibebaskan, dan para penculik ditangkap beberapa hari kemudian.

1953

Dwight D. Eisenhower memberikan pidato ‘Atoms for Peace’ di Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

1941

Presiden Franklin D. Roosevelt menyampaikan pidato "Hari Keburukan" kepada Kongres AS – sehari setelah pemboman Pearl Harbor.

1921

Eamon de Valera secara terbuka menolak Perjanjian Anglo-Irlandia.

1881

Kebakaran menghancurkan Teater Cincin Wina, yang menewaskan antara 640-850 orang.

1864

Jembatan Gantung Clifton akhirnya dibuka. Jembatan yang dirancang Isambard Kingdom Brunel ini, dibuka di Bristol, Inggris, lima tahun setelah Brunel meninggal dunia.

1863

Abraham Lincoln mengeluarkan Proklamasi Amnesti dan rencana Rekonstruksi Selatan.

1792

Henry Laurens menjadi orang pertama yang dikremasi di AS.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya 

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 8 Desember.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...