20 Januari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Penerimaan Internasional

Jumat, 20 Januari 2023 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 Januari /dreamstime Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 Januari /dreamstime

RIAU24.COM Tanggal 20 Januari diperingati sebagai Hari Penerimaan Internasional atau The International Day of Acceptance.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Paling Beruntung Soal Cinta di Akhir Januari 2023

Hari Penerimaan Internasional diperingati setiap tanggal 20 Januari sejak tahun 2010 yang didedikasikan untuk penerimaan sosial atas disabilitas.

Tanggal 20 Januari juga merupakan hari ke-20 dalam tahun 2023 dan tersisa 345 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1982, Ozzy Osbourne menggigit kepala kelelawar selama pertunjukan? Pada saat itu, dia percaya itu adalah mainan.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 Januari, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2017

Jacob Sartorius merilis album debutnya, ‘The Last Text EP.’

2010

Hari Penerimaan Internasional ini adalah hari yang didedikasikan untuk penerimaan sosial atas disabilitas. Hari Penerimaan Internasional juga untuk menghormati pendiri 3E Love dan pencipta Simbol Penerimaan Internasional Annie Hopkins.

Annie Hopkins (1984-2009) adalah advokat, pengusaha, seniman, dan mahasiswa yang berjuang membawa semangat 3E Love dengan slogannya Embrace – Educate - Empower.

Dia mendirikan 3E Love dengan tujuan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan mendidik masyarakat tentang pentingnya merangkul keberagaman. Simbol Penerimaan terdiri dari kursi roda berbentuk hati. Simbol ini menyatukan orang-orang dari semua kemampuan dan membantu menyalakan percakapan yang akan membantu mengubah sikap menjadi lebih baik.

Hari Penerimaan Internasional ini dibuat setahun setelah Hopkins meninggal tahun 2009 karena komplikasi tak terduga yang terjadi selama prosedur medis sederhana. Saudara laki-lakinya, Stevie Hopkins, yang membantunya memulai 3E Love, mendirikan perayaan tahunan untuk menghormati kehidupan dan pekerjaan saudara perempuannya.

Hari Penerimaan Internasional diharapkan menjadi momen untuk mengisi hati kita dengan kekuatan penerimaan terhadap orang dengan disabilitas. Gagasan ini tidak diragukan lagi berlaku dalam hal menerima kecacatan orang tersebut. Ini adalah hari ketika orang-orang di seluruh dunia berkumpul untuk mendukung dan merangkul tantangan yang datang bersama dengan disabilitas. Hari Penerimaan Internasional diciptakan sebagai cara untuk mengakui penerimaan sosial terhadap disabilitas.

2009

Presiden Afrika-Amerika pertama AS, Barack Obama, melakukan pidato pertamanya.

"Hari ini saya katakan kepada Anda bahwa tantangan yang kita hadapi adalah nyata. Mereka serius dan mereka banyak. Mereka tidak akan bertemu dengan mudah atau dalam rentang waktu yang singkat. Tapi ketahuilah Amerika ini," katanya.

2008

Episode pertama Breaking Bad tayang perdana di AMC.

1996

Misi NASA STS-72 mendarat di Kennedy Space Center setelah delapan hari di luar angkasa.

Misi STS-72, yang diterbangkan oleh Endeavour Space Shuttle, difilmkan oleh kru kamera PBS, dengan rekaman itu masuk ke dalam film dokumenter berjudul Astronauts. Selain itu, permainan Go dimainkan untuk pertama kalinya di luar angkasa antara astronot AS Daniel T. Barry dan astronot Jepang Koichi Wakata.

1992

Air Inter Penerbangan 148 jatuh di Pegunungan Vosges di Prancis saat berputar-putar untuk mendarat di Bandara Strasbourg.

Lokasi kecelakaan ditemukan lebih dari empat jam kemudian oleh wartawan. Pada saat tim tanggap darurat tiba, 87 orang telah meninggal, dengan hanya sembilan yang selamat. Belakangan, diketahui bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan pilot daripada kegagalan mekanis.

1982

Ozzy Osbourne menggigit kepala kelelawar yang dilemparkan seorang penggemar ke atas panggung selama pertunjukan di Des Moines, Iowa.

1981

Sandera AS dibebaskan di Iran setelah 444 hari. 52 diplomat dan warga negara Amerika disandera di kedutaan Amerika di Teheran karena kebuntuan diplomatik antara kedua negara.

1980

Dalam sebuah surat dan di televisi, Presiden Jimmy Carter mengumumkan bahwa Olimpiade tidak boleh berlangsung di Moskow, Rusia.

Saran itu untuk mendorong Uni Soviet menarik pasukan dari Afghanistan.

1971

Single ‘What's Going On’ milik Marvin Gaye dirilis.

Lagu ini terinspirasi dari kebrutalan polisi yang disaksikan pada 1970-an.

1965

Lagu klasik ‘Mr. Tambourine Man’ direkam oleh The Byrds.

1929

‘In Old Arizona’ menjadi film berbicara berdurasi penuh pertama yang difilmkan di luar ruangan. Film ini disutradarai oleh Irving Cummings dan Raoul Walsh dan kemudian memenangkan lima Academy Awards.

1869

Feminis Elizabeth Cady Stanton menjadi wanita ke-1 yang bersaksi di depan Kongres.

1809

AS menerbitkan buku pertamanya tentang Geologi – ‘Pengamatan tentang Geologi Amerika Serikat’  oleh William Maclure.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Favorit Para Crazy Rich Dunia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 Januari.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...