21 Januari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peluk Nasional

Sabtu, 21 Januari 2023 | 11:18 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 Januari /dreamstime Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 Januari /dreamstime

RIAU24.COM Tanggal 21 Januari diperingati sebagai Hari Peluk Nasional atau National Hugging Day.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Paling Beruntung Soal Cinta di Akhir Januari 2023

Hari Peluk Nasional diperingati setiap tanggal 21 Januari sejak tahun 1986. Hari Peluk Nasional berawal di Amerika Serikat dari ide Kevin Zaborney pada tahun 1986.

Tanggal 21 Januari merupakan hari ke-21 dalam tahun 2023 dan tersisa 344 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2007, penyanyi pop Amerika Ariana Grande bergabung dengan YouTube pada usia 13 tahun? Dia keturunan Italia dan setengah Sisilia, setengah Abruzzese.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 Januari, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2020

Sebuah meteorit yang menghantam Australia 2,2 miliar tahun yang lalu diumumkan sebagai struktur tumbukan meteorit tertua yang diakui di Bumi.

2018

America's Rocket Lab Electron mengirim roket yang menggunakan mesin pompa berisi listrik ke orbit, menjadikannya yang pertama dari jenisnya.

2017

Lebih dari dua juta wanita di seluruh dunia berbaris melawan serangan anti-perempuan dan ofensif Trump. Donald Trump baru berada di kursi kepresidenannya selama 24 jam!

2007

Penyanyi pop Amerika Ariana Grande bergabung dengan YouTube pada usia 13 tahun.

1986

Sejarah Hari Peluk Nasional berawal di Amerika Serikat, dari ide Kevin Zaborney pada tahun 1986. Teman Zaborney adalah cucu dari pemilik Chase’s Calendar of Events (media publikasi hari-hari penting di AS).

Zaborney memilih 21 Januari karena itu adalah waktu antara musim liburan, musim dingin, dan tak lama setelah tahun baru.

Dilansir National Today, Zaborney merasa saat-saat itu adalah saat orang-orang cenderung merasa murung.

Dia juga merasa, orang Amerika sering kali terlalu malu untuk menunjukkan kasih sayang di depan umum dan berharap Hari Pelukan Nasional akan mengubahnya, meskipun dia tidak pernah berpikir hari ini akan populer.

Kata ‘pelukan’ diyakini berasal dari kata ‘hugga’ yang berarti ‘untuk menghibur’ dalam bahasa Norse Kuno, pertama kali muncul sekitar 450 tahun yang lalu. Namun, sejarah pelukan itu sendiri tidak ada yang pasti.

1981

Mobil sport DeLorean yang ikonik mulai diproduksi di Irlandia Utara.

Ini adalah satu-satunya model yang pernah dibuat oleh DeLorean Motor Company, yang mengajukan kebangkrutan setelah hanya membangun 9.000 mobil. Meskipun terlihat sangat ramping, mesinnya secara mengejutkan kurang bertenaga - bukan berarti kecepatan penting ketika Anda mengubahnya menjadi mesin waktu!

1977

Ratusan ribu orang Amerika yang menghindari Perang Vietnam diampuni oleh Presiden Jimmy Carter.

Ini dikenal sebagai Pemberian Pengampunan atas Pelanggaran Undang-Undang Layanan Selektif. Presiden menandatangani proklamasi pada hari penuh pertamanya menjabat.

1972

Konvensi Star Trek pertama diadakan di New York City.

Konvensi ‘Star Trek Lives!’ diadakan di hotel Statler Hilton dari 21-23 Januari dan menampilkan berbagai tamu istimewa dari pertunjukan tersebut.

1948

Bendera Quebec diadopsi dan dikibarkan untuk pertama kalinya di atas Majelis Nasional Quebec. Hari ini ditandai setiap tahun sebagai Hari Bendera Québec.

1921

The Mysterious Affair at Styles oleh penulis kejahatan Inggris Agatha Christie diterbitkan. Ini adalah novel pertamanya dan memperkenalkan karakter terkenal, Hercule Poirot.

1908

Kota New York mengesahkan undang-undang yang melarang perempuan merokok di tempat umum.

1793

Raja Prancis, Louis XVI, menghadapi eksekusi guillotine yang mengerikan karena pengkhianatan tingkat tinggi.

1789

The Power of Symphony karya William Hill Brown menjadi novel pertama yang diterbitkan di Amerika.

1677

Sebuah makalah medis tentang cacar diterbitkan di Boston, menjadikannya publikasi medis pertama dalam sejarah Amerika.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Favorit Para Crazy Rich Dunia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 Januari.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...