Berbagai Bahan Alami yang Dapat Membersihkan Noda pada Pakaian

Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:37 WIB
Noda di Pakaian Noda di Pakaian

RIAU24.COM - Daripada membeli produk pembersih yang dapat mencemari lingkungan setiap kali mencuci pakaian. Lebih baik, gunakanlah bahan-bahan alami ini. Bahan tersebut mudah ditemukan di dapur ataupun dijual bebas dengan harga yang lebih terjangkau.

Melansir Reader's Digest, ada beberapa bahan alami yang dapat membersihkan noda pada pakaian seperti berikut ini.  

1.    Lemon

Menurut Marieke van der Graaf, pendiri Laundrylicious yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS), lemon dapat mencerahkan pakaian katun, nenghilangkan noda dan karat, dan memberi kesegaran pada pakain.  

Baca Juga: Ketimbang Jalin Kisah Cinta, 4 Zodiak Ini Lebih Mengutamakan Karir

Untuk hasil terbaik, van der Graaf menyarankan menghilangkan noda dengan air lemon daripada menggosoknya.   

2.    Garam 

Brandi Winch, pemilik HomeMaid Home Solutions di Kalamazoo, Michigan, AS, garam bukan penguat cucian, tetapi efektif menghilangkan noda tertentu. Penggunaan garam tergantung pada jenis noda. 

Pakaian yang terkena noda darah, misalnya, harus direndam dalam air dingin berisi garam.  Sedangkan untu noda minyak, tutupi dengan garam, biarkan menyerap minyak, lalu bersihkan sebelum dicuci.   

3.    Baking soda

Baca Juga: 5 Februari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Selanjutnya, bahan alami yang dapat membersihkan noda pada pakaian adalah baking soda. Baking soda juga bahan alami yang murah dan aman. Cukup taburkan 118 mililiter baking soda ke dalam mesin cuci bersamaan dengan menambahkan detergen pakaian di awal siklus pencucian.  

4.    Obat kumur

Masukkan secangkir obat kumur berbahan dasar alkohol tanpa gula ke dalam siklus pencucian biasa untuk membersihkan pakaian olahraga dari bakteri dan kotoran.

Bisa pula menambahkan 118 mililiter obat kumur ke mode bilas.Van der Graaf mengatakan  obat kumur merupakan cara bagus membersihkan drum mesin cuci. Namun, perlu berhati-hatilah dengan cara- cara ini karena bisa mempersingkat masa pakai mesin cuci atau pengering.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...