Tahukah Anda, Ini Dia 7 Bidang Kerja Freelancer yang Banyak Dicari Perusahaan

Senin, 23 Januari 2023 | 22:37 WIB
Foto : Ilustrasi Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM - Apakah Anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan di luar jam kantor yang tidak mengganggu jam wajib bekerja? Jika ya, maka menjadi seorang freelancer adalah salah satu pilihan yang tepat.

Freelancer sendiri sering disebut sebagai pekerja lepas. Maksud dari pengertian tersebut adalah bahwa seorang pekerja lepas tidak terikat dengan waktu sebagaimana seseorang yang bekerja di kantor. Ia yang menjadi pekerja lepas boleh bekerja kapan saja dan di mana saja asalkan pekerjaan yang didapatkan selesai tepat waktu.

Terkait freelancer, ada beberapa bidang kerja yang cukup banyak dicari oleh perusahaan. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Punya Otak Cerdas dan Banyak Ide Kreatif, 3 Zodiak Ini Jago Menulis

Ragam Bidang Kerja Freelancer yang Banyak Diperlukan
Berbincang tentang freelancer, Anda bisa kunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi yang tepat termasuk bagaimana cara membuat CV untuk melamar pekerjaan. Lantas, apa saja bidang kerja freelancer yang cukup banyak diperlukan oleh perusahaan?

1. Analis dan Konsultan Bisnis
Bidang kerja freelancer yang cukup banyak dicari oleh perusahaan yang pertama adalah analis dan konsultan bisnis. Seperti namanya, tugas seseorang dalam bidang ini adalah mengumpulkan serta melakukan proses analisis data dan informasi dari permasalahan bisnis yang dihadapi.

Ide pekerjaan ini cukup menarik karena ada gaji besar yang ditawarkan. Hanya saja, tidak sembarang orang bisa menjadi seorang analis dan konsultan bisnis yang terpercaya.

 
2. Data Entry
Untuk Anda yang ingin menjadi freelancer sementara belum memiliki pengalaman pekerjaan yang memadai, maka data entry bisa menjadi pilihan yang tepat. Ide pekerjaan freelancer ini memang cocok untuk Anda yang masih kuliah atau baru saja lulus.

Pekerjaan yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah. Pasalnya, tugas yang perlu dilakukan adalah memasukkan beragam data ke database melalui form online yang sudah disediakan sebelumnya. Cukup mudah, bukan?

 
3. Web Designer
Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah website, maka bidang ini bisa menjadi ide untuk mendapatkan sumber pemasukan yang baru. Saat ini, web designer memang menjadi salah satu bidang kerja freelancer yang banyak dibutuhkan, terutama seiring dengan perkembangan website sebagai platform yang multi fungsi.

Untuk menjadi seorang freelancer web design, memang Anda perlu memiliki beberapa kemampuan mendasar. Adapun beberapa kemampuan yang harus dimiliki adalah menguasai HTML, CSS, JavaScript dan lainnya. Juga, Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan pada beragam alat desain grafis, terutama CorelDraw dan Photoshop.

 

Baca Juga: Sering Dikira Merek Asing, Ternyata Inilah Pemilik Holland Bakery yang Sebenarnya

4. Digital Marketer
Seiring dengan perkembangan pasar online yang cukup signifikan, digital marketer menjadi sosok yang banyak dibutuhkan perusahaan. Pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan secara freelance dengan tawaran gaji yang lumayan.

Terkait profesi ini, Anda dituntut untuk menguasai beragam strategi pemasaran secara online. Tidak hanya itu, freelancer pun harus memiliki pemahaman yang baik tentang email marketing, PPC, SEO dan lainnya.

 
5. Desain Grafis
Jika Anda suka menggambar dan memiliki kemampuan mengoperasikan beragam alat grafis, maka menjadi seorang freelancer desain grafis bisa dijadikan opsi yang tepat. Ya, bidang kerja yang satu ini kini juga cukup banyak diperlukan oleh perusahaan.

Gambaran tugas mengenai desain grafis freelancer adalah membuat brosur, logo, dan lainnya. Tentu, keahlian tentang desain grafis menjadi modal utama yang harus dimiliki.

 
6. Editor Foto
Mirip dengan desain grafis, editor foto juga merupakan bidang kerja freelancer yang kini cukup banyak dicari. Pasalnya, foto menjadi hal yang sangat penting saat ini terutama berkaitan dengan promosi dari perusahaan.

Seperti namanya, tugas Anda jika menjadi freelancer editor foto adalah melakukan proses editing foto sesuai dengan permintaan klien dengan maksimal. Oleh karenanya, terkait bidang kerja yang satu ini, keahlian mengoperasikan software untuk mengedit foto seperti Photoshop menjadi modal utama yang sangat penting.

7. Influencer
Satu lagi bidang kerja freelancer yang banyak diminati perusahaan saat ini adalah menjadi seorang influencer. Jika disimak, banyak perusahaan yang mempekerjakan seorang influencer untuk memaksimalkan promosi produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Seperti namanya, tugas utama dari seorang influencer adalah to influence atau mempengaruhi orang lain agar menggunakan jasa atau membeli suatu produk tertentu.

Perlu dipahami bahwa seorang influencer bukan hanya melakukan promosi secara asal-asalan. Mereka dituntut harus bisa meningkatkan brand awareness dari target promosi sehingga penjualan bisa meningkat. Selain itu, influencer harus memiliki basis massa yang banyak. Oleh karenanya, jumlah follower yang tinggi sering menjadi pertimbangan.

Beberapa hal di atas adalah ragam bidang kerja freelancer yang saat ini cukup banyak diperlukan oleh suatu perusahaan. Tentu, selain ketujuh bidang kerja tersebut, masih banyak bidang kerja lain yang terbuka.

Dengan banyaknya bidang kerja tersebut, bisa disimpulkan bahwa peluang kerja freelancer sebenarnya sangat terbuka lebar. Nah, tertarik untuk menjadi seorang freelancer? ***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...