Seperti 'Permen' Alami, Berikut 7 Buah yang Miliki Kadar Gula Tinggi 

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:36 WIB
Potret Buah Jeruk. (Pixabay/Foto) Potret Buah Jeruk. (Pixabay/Foto)

RIAU24.COM - Buah memenuhi syarat sebagai cara yang lebih sehat untuk mendapatkan gula. Ya, buah sangat baik untuk tubuh. Dikemas dengan vitamin, nutrisi, dan kaya serat, buah membantu sistem pencernaan kita.

"Saya tidak ingin ada yang takut dengan gula dalam buah, karena ini adalah gula alami,” jelas Beth Czerwony, RD, ahi diet terdaftar.

Baca Juga: Sangat Peduli ke Orang Lain, 5 Zodiak Ini Punya Hati yang Lembut
 

Meski menyehatkan, makanan dengan kandungan gula lebih tinggi tetaplan berarti mengonsumsi lebih banyak gula. Penting untuk mengetahui kandungan gula dalam apa yang kamu makan, catat Czerwony. 

Utamanya bila kamu memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan pemantauan kadar gula darah. Hal ini termasuk mereka yang didiagnosis dengan diabetes Tipe 1 atau Tipe 2. Nah, menukil dari laman Cleveland Clinic, berikut buah yang tergolong memiliki kandungan gula tinggi.

1. Apel

Mengandung 25,1 gram gula, setara dengan sebatang cokelat susu Hershey. Sebagian besar gula dalam apel adalah fruktosa, yang sering disebut sebagai "gula buah" karena ditemukan secara alami. 

Fruktosa ini tidak menyebabkan kadar gula darah atau insulin melonjak hampir layaknya gula lainnya, seperti glukosa atau sukrosa.

Kandungan serat dalam buah membantu metabolisme glukosa, yang juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan insulin agar tidak melonjak terlalu tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa apel hijau biasanya memiliki lebih sedikit gula daripada apel berwarna merah.

2. Semangka

Potongan dadu semangka dalam satu cangkir mengandung 9,42 gram gula. Semangka mungkin tinggi gula tetapi rendah karbohidrat, yang berarti makan sepotong pada musim panas tidak akan membuat kadar gula darah meroket.

3. Pisang

Memiliki kandungan 15,4 gram gula, setara dengan gula donat manis. Kandungan gula pada pisang meningkat saat pisang matang dan berubah dari hijau menjadi kuning. "Jika kamu makan pisang kecil, itu akan lebih baik daripada jika memilih pisang besar yang manis," saran Czerwony.

4. Ceri

Satu cangkir ceri mengandung 19,7 gram gula. Mengingat ukurannya, mungkin kamu tidak akan sadar kalau sudsh menghabiskan satu cangkir ceri. "Ceri sangat baik untuk tubuh, tetapi cobalah untuk memerhatikan berapa banyak yang kamu makan. Jangan sampai berlebihan," imbuh Czerwony.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya   

5. Anggur

Mengandung 14,9 gram gula dalam satu cangkir. Sama seperti ceri, cobalah untuk memerhatikan berapa banyak yang kamu makan dalam sekali duduk jika ingin membatasi gula.

6. Mangga

Satu buah mangga mengandung 46 graam gula. Kontrol porsi adalah kunci jika kamu ingin meminimalkan asupan gula saat makan mangga. Tips lain, Czerwony menyarankan memasangkan mangga dengan protein seperti yoghurt Yunani rendah lemak, yang dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

7. Jeruk

Memliki 17,2 gram gula. Serat dalam jeruk dapat membantu meringankan pelepasan gula ke dalam darah. Tapi agar berhasil, makanlah buahnya daripada minum segelas jus jeruk. Gula jauh lebih terkonsentrasi dalam jus jeruk.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...