Tanggapan Rocky Gerung Soal Dinasti Politik Jokowi

Kamis, 26 Januari 2023 | 07:11 WIB
Pengamat politik Rocky Gerung. Sumber: VOA Pengamat politik Rocky Gerung. Sumber: VOA

RIAU24.COM - Pengamat Politik dan Akademisi Rocky Gerung mengomentari kesiapan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik.

Jika hal ini benar terjadi, istilah dinasti politik pasti akan melekat pada keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan menantu Bobby Nasution juga terjun ke politik.

Rocky mengaku tak heran dengan tingkah pejabat publik yang memborong keluarganya untuk menempati suatu jabatan penting dikutip dari rmol.id, Kamis, 26 Januari 2023.

Baca Juga: Demo Kantor DPW PPP Riau Libatkan Pekerja Honorer Pelalawan

"Ke-dinasti-an itu sebagai istilah saja hanya ingin menunjukkan ada pewarisan tradisi di dalam suatu keluarga, tapi pewarisan itu tidak boleh membatalkan prinsip demokrasi," sebutnya.

"Tidak ada soal, mau dinasti atau tidak, tetapi sifat kompetisi yang harus dipastikan fair," sebutnya.

Baca Juga: Kata Ketum Soal Isu Erick Thohir Gabung PAN

Menurutnya, dengan keterbukaan Kaesang yang tertarik masuk politik harusnya menjadi alasan kuat bagi Jokowi menutup rapat pintu perpanjangan kekuasaan.

"Ada keinginan misalnya Pak Jokowi mau ada pewarisnya yaitu anak-anaknya, mungkin 5-10 tahun ke depan. Nah karena itu Pak Jokowi mesti anggap dia sudah ada pewaris, Kaesang dan Gibran, karena itu dia harusnya lengser saja," sebutnya.

PenulisR24/azhar


Loading...

Terpopuler

Loading...