Depresi Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi? Coba Dengan Empat Cara Ini...

Minggu, 01 November 2020 | 00:26 WIB
Depresi Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi? Coba Dengan Empat Cara Ini... Depresi Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi? Coba Dengan Empat Cara Ini...

RIAU24.COM -  HAMPIR semua sektor ketenagakerjaan di seluruh dunia terkena pandemi Covid-19 dan bahkan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) mengisyaratkan bahwa lebih banyak orang akan kehilangan pekerjaan dalam beberapa bulan ke depan.

Kehilangan sumber penghasilan terutama dalam keadaan saat ini bukanlah hal yang kecil, malah dapat menimbulkan stres, gangguan emosi dan depresi, belum lagi belum ada tanda-tanda wabah ini akan segera berakhir.

Ketika dipecat karena keadaan ekonomi yang tidak menentu, wajar jika kita merasa sedih, marah, takut karena memikirkan masa depan, terutama bagi yang sudah berkeluarga.

Baca Juga: Disebut Penjara Paling Ketat di Indonesia, Inilah 4 Napi yang Berhasil Lolos dari Nusakambangan

Bagi mereka yang terpengaruh oleh keadaan saat ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu menghindari berbagai perasaan dan emosi yang menyelimuti diri sendiri.

1. Terima fakta

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan bahwa Anda kehilangan pekerjaan. Dari sini, cobalah untuk mengendalikan perasaan dan emosi Anda daripada berpikir yang tidak masuk akal.

Ingat juga bahwa kita adalah manusia biasa yang pasti akan merasa terancam dan sedih ketika terjebak dalam suatu situasi. Yang terbaik adalah tenang, lebih dekat dengan Tuhan untuk meminta bimbingan dari-Nya.

2. Bangkit dari kesedihan

Kesedihan adalah hal yang wajar ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi tetapi yakinlah bahwa kesedihan tidak akan bertahan lama dan akan tergantikan oleh kegembiraan.

Jadikanlah kesedihan itu agar Anda bangkit kembali karena itulah satu-satunya cara untuk mengatasi semua masalah dan beban yang dihadapi.

3. Jangan memikirkan hal-hal yang belum terjadi

Kesedihan dan kecemasan kami saat dipecat karena kami terlalu memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan. Fokus pada situasi saat ini karena itu lebih penting.

Pada tahap ini, Anda sudah dapat merencanakan apa yang harus dilakukan - apakah Anda ingin bersantai, mencari pekerjaan baru, atau memulai bisnis.

Baca Juga: Punya Suara Merdu, 5 Zodiak Ini Paling Jago Nyanyi

4. Evaluasi diri Anda sendiri

Buat daftar kekuatan dan kelemahan Anda. Percayalah, melalui daftarnya nanti, Anda akan menemukan beberapa jawaban yang mungkin belum Anda ketahui tentang diri Anda sebelumnya.

Ini mungkin titik awal untuk petualangan baru dalam hidup Anda!

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...