Rolex Trending, Ternyata Merek Jam Kesayangan Presiden Soekarno

Kamis, 26 November 2020 | 14:42 WIB
Rolex Trending, Ternyata Merek Jam Kesayangan Presiden Soekarno (foto/historia) Rolex Trending, Ternyata Merek Jam Kesayangan Presiden Soekarno (foto/historia)

RIAU24.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK atas dugaan suap kasus ekspor benih lobster. KPK mengamankan bukti suap seperti jam tangan Rolex, arloji Jacob n Co, tas koper Tumi, tas koper LV, tas Hermes, hingga baju Old Navy.

Merek jam Rolex kemudian trending topik di media sosial seperti twitter. Siapa sangka ternyata merek jam itu kesayangan dari Presiden Pertama RI, Ir Soekarno.

Baca Juga: Ilmuwan NASA Ngaku Tahu Kapan Matahari tak Bersinar Lagi, Kira-kira Sampai Kapan?



Dilansir dari laman Historia, Jam tangan Rolex kesayangan Sukarno pernah terlepas saat berbicara menggebu-gebu dalam suatu rapat pada 1950-an. “Terbang tinggi ke udara hampir mengenai langit-langit Istana Negara lalu melesat ke bawah laksana kapsul Apollo langsung menghunjam lantai marmer yang sekeras batu itu,” sebur Guntur Sukarnoputra dalam Bung Karno & Kesayangannya.

Pidato terhenti. Panitia dengan cepat memungut jam tangan itu dan memberikannya kembali kepada Sukarno yang kemudian berpidato menggebu-gebu lagi. Mungkin Presiden Sukarno berpikir jam pasti rusak. Tapi ketika jam Rolex diperiksa di kamar seusai rapat, ternyata masih bekerja dengan baik.

Baca Juga: Kisah Soekarno yang Hidup Miskin Sejak Lahir, Tidak Punya Sepatu dan Tidak Bisa Membeli Pepaya

Guntur menceritakan memang sejak muda, ayahnya itu seorang yang sangat menghargai waktu, ke manapun pergi selalu pakai jam tangan. Awalnya berbagai merek jam dipakai Sukarno. Yang penting tepat dan rancangannya tidak jelek-jelek amat. Apalagi waktu di Indonesia diblokade ketat Belanda, sehingga sulit mendapatkan barang mewah.

“Kalau ada orang Kiblik (Republik) pulang dari Jakarta dan memakai arloji merek yang top-top, Bapak paling-paling cuman pegang-pegang dan lihat-lihat saja sambil telan air liur,” cerita Guntur dalam buku tersebut.

Setelah kejadian jam tangan terjaruh jatuh, barulah Ir Sukarno setia satu merek yaitu Rolex.

Maulwi Saelan dalam Kesaksian Wakil Komandan Tjakrabirawa: Dari Revolusi 45 Sampai Kudeta 66, menceritakan saat Sukarno terusir dari Istana, pada 1968 tim pencatat barang-barang Sukarno yang ditinggalkan di Istana Merdeka.

Tim kemudian mendata setidaknya ada 13 buah jam tangan merek Rolex. Hanya saja, walau memilih merek Rolex, Sukarno sebenarnya memiliki jam merek lain seperti Omega, Seiko, Patek Pilipe, Longines, Girard Perregaux, Hamilton, dan HMT Sitison.

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...