Fakta Penting Dibalik Tanggal Kadaluwarsa Makanan yang Wajib Kamu Ketahui

Rabu, 04 Agustus 2021 | 08:50 WIB
google google

RIAU24.COM -  Setiap produk makanan kemasan pasti mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Tetapi bukan berarti makanan kadaluwarsa langsung tidak boleh dimakan.

Sebaiknya pikir lagi saat mau buang makanan yang sudah kadaluwarsa. Dengan adanya tanggal expiry date di makanan tersebut, bukan berarti makanannya sudah tak bisa di makan sama sekali.

Tanggal kedaluwarsa adalah ukuran tanggal yang menjadi batas aman makanan tersebut dikonsumsi. Jika lewat dari tanggal tersebut, makanan menjadi tidak layak untuk dikonsumsi.

Guna memastikan keamanan makanan, memerhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan makanan tentu penting untuk Anda lakukan. Nah, di bawah ini sejumlah fakta yang harus Anda ketahui soal tanggal kedaluwarsa.

Baca Juga: Tampak Biasa, Mengapa Iridium Lebih Mahal daripada Emas?

Jadi, tanggal-tanggal yang tercantum itu maksudnya apa? 

1. Di box biasanya tercantum kalimat ini "Sell by", ini sebenarnya ditunjukan untuk penjual, bukan pelanggan. Biasanya ini digunakan untuk menentukan waktu sa Dat restock. Kalimat ini harusnya disembunyikan agar tidak bingung atau ketukar dengan tanggal kadaluwarsa.

2. Tanggal “best if used by” atau “best before”, artinya produk makanan baik dikonsumsi sebelum tanggal tersebut karena kualitasnya (menyangkut kesegaran, rasa, dan tekstur) berada sangat baik sebelum tanggal tersebut. Misalnya, roti sudah melewati tanggal tersebut tapi kualitasnya masih baik (belum berjamur), maka roti masih bisa dikonsumsi.

3. Tanggal “use by”, artinya ini merupakan tanggal terakhir sebaiknya produk digunakan. Setelah tanggal ini, kualitas produk (termasuk rasa dan tekstur) akan menurun.

Baca Juga: Butuh Camilan Santai Saat di Rumah? Coba Perkedel Jagung Manado

4. Tanggal kedaluwarsa atau “expiration”, sering disingkat “exp” artinya produk akan tidak layak dikonsumsi lagi setelah melewati tanggal ini, sebaiknya makanan langsung dibuang. Ini merupakan tanggal yang berkaitan dengan keamanan pangan. Biasanya tercantum dalam makanan kaleng atau kemasan.

Telur masih bisa kamu gunakan 3-5 minggu setelah kamu membelinya. Untuk membuktikan layak tidaknya telur dimakan coba letakkan satu butir telur di rusak, tapi kamu tak akan kenapa-kenapa kalau memakannya, selama kamu belum melewati tanggal kadaluwarsanya.

Daging, setelah membelinya lebih baik langsung kamu masukan ke freezer, ini bisa bertahan berbulan-bulan.

 

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...