Negara Inilah yang Memiliki Tenaga Kerja Asing Terbanyak di Indonesia

Jumat, 08 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Rumor internet tentang tenaga kerja asing di Indonesia sempat memicu kemarahan publik setelah sejumlah besar dari mereka dilaporkan tiba di Indonesia di tengah pembatasan mobilitas pandemi. Namun, sebenarnya ada berapa banyak pekerja asing dan dari negara mana mereka berasal?

Mengutip Bisnis.com, Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) menjelaskan, populasi tenaga kerja asing di Indonesia terus menurun dalam tiga tahun terakhir. 

Baca Juga: Meski Tampak Indah, Rumah Ini Dibangun dengan Susunan Batu Nisan Lho, Yuk Intip Pesonanya

Hingga Mei tahun ini, terdapat 92.058 tenaga kerja asing yang dipekerjakan oleh perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Statistik ini lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya seperti pada tahun 2020 yang mencatat 93.374 tenaga kerja di Indonesia. 

Sebuah artikel yang ditulis Djazuli (2021) berjudul " Dinamika Pengatur Tenaga Kerja Asing di Indonesia" menulis bahwa sebagian besar pekerja tersebut berasal dari China dengan jumlah yang diklaim sebanyak 35.781 (36,17 persen). 

Sedangkan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia sebanyak 95.168 orang pada tahun 2019.

Baca Juga: Mau Buat Donat Meses tanpa Ulen yang Empuk Mengembang? Begini Caranya

Melimpahnya tenaga kerja asing asal China sempat dikritik ekonom senior Faisal Basri seperti dilansir dari Tempo, Kamis, 29 Juli. Faisal mengatakan, para pekerja yang datang ke Indonesia tidak hanya pekerja terampil, tetapi juga pekerja lapangan.

Pengamat politik Refly Harun dalam salah satu vlog Youtube-nya menyebutkan, para TKA  tersebut tidak hanya ahli terampil, tetapi juga termasuk pengemudi, tukang kebun, dan petugas keamanan.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...