Caligula Dikenal Kaisar Romawi Dibunuh Prajurit Sendiri, Dikenal Kejam dan Suka Foya-foya

Jumat, 19 November 2021 | 09:05 WIB
Caligula Dikenal Kaisar Romawi Dibunuh Prajurit Sendiri, Dikenal Kejam dan Suka Foya-foya (foto/int) Caligula Dikenal Kaisar Romawi Dibunuh Prajurit Sendiri, Dikenal Kejam dan Suka Foya-foya (foto/int)

RIAU24.COM - Dalam sejarah dunia ada satu Kaisar di Kerajaan Romawi bernama Caligula atau Gaius Caesar yang dikenang hingga kini. Caligula lebih dikenal akibat kelakuan 'gila' dan foya-foya hingga hubungan incest. 

Dilansir dari Okezone, Caligula .ulai naik takhta di usia muda. Hanya saja masa pemerintahannya juga menjadi salah satu masa pemerintahan yang kurang didokumentasikan.

Menurut Wikipedia, Caligula adalah putra termuda pasangan Germanicus dan Vipsania Agrippina maior. Caligula masih cicit dari Kaisar Agustus. Caligula besar di perkemahan tentara. Sebab itu ia di kemudian hari disebut Caligula (sandal atau prajurit) kecil yang berasal dari bahasa Latin yakni caligae.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini : Transplantasi Jantung Pertama Kali di Dunia Berhasil Dilakukan

Ayahnya Germanicus meninggal dunia pada tahun 19 di wilayah Timur dalam keadaan mencurigakan. Ibunya Vipsania Agrippina, yang bertahun-tahun membela suaminya yang dibunuh serta akhirnya menuduh Tiberius akhirnya dibuang oleh Tiberius dan tewas kelaparan.

Kemudian Tiberius juga menyuruh membunuh kedua kakak Caligula (Nero dan Drusus). Caligula sendiri tidak dibunuh oleh Tiberius sebab ia masih muda. Kala itu Caligula harus secara terpaksa hidup dengan pamannya.

Baca Juga: Tahukah Anda, Survei Global Nyatakan Inilah Negara Dengan Penduduk Pemabuk Terbanyak Di Dunia

Mungkin nama ini lah yang paling dikenal dari sederet penguasa aneh. Dalam tempo kurang dari empat tahun memerintah, Kaisar Italia ini sudah menunjukkan dirinya sebagai salah satu penguasa teraneh dan terkejam dalam sejarah peradaban manusia.

Dua tahun pertama pemerintahannya, kaisar bergelar Gaius Julius Caesar Augustus Germanicus itu masih normal. Tetapi setelah Caligula sakit keras pada 37 M, kegilaannya dimulai salah satunya mengeksekusi orang-orang yang dekat dengan dirinya, menyiksa musuh-musuhnya, serta membuat peraturan-peraturan absurd.

Caligula menjadikan istana kekaisaran sebagai rumah bordil, menjadikan lokasi pesta untuk foya-foya, menyatakan keinginannya untuk menjadikan kuda kesayangannya sebagai Konsul Roma, dan pendeta, memproklamirkan diri sebagai manusia setengah dewa dan berbagai kegilaan lainnya.

Kaisar Caligula juga dikenal dengan perilaku seksualnya yang menyimpang itu akhirnya tewas dibunuh oleh pasukannya sendiri. Dia tewas pada usia 28 tahun, setelah berkuasa selama 3 tahun 10 bulan sebagai kaisar Romawi.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...