Negara Ini Haramkan Perceraian, Tak Ada Undang-Undang yang Atur Soal Berpisah

Sabtu, 08 Januari 2022 | 21:20 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Perceraian adalah proses hukum pembubaran ikatan perkawinan. Pembubaran perkawinan melibatkan penataan kembali atau pembatalan semua tanggung jawab dan kewajiban hukum dari persatuan perkawinan, sehingga mengakhiri ikatan perkawinan.

Undang-undang perceraian bervariasi, tetapi di sebagian besar negara, proses ini memerlukan otorisasi pengadilan dalam proses hukum. Sidang perceraian mungkin mencakup berbagai masalah seperti tunjangan anak, hak asuh anak, dan distribusi properti.

Semua negara di dunia mengizinkan warganya untuk bercerai dengan berbagai syarat kecuali Kota Vatikan dan Filipina.

Filipina adalah satu-satunya negara anggota PBB yang melarang perceraian. Filipina tidak memiliki ketentuan hukum untuk perceraian, dan satu-satunya orang yang diizinkan untuk bercerai di Filipina adalah Muslim.

Muslim hanya bisa bercerai dalam kondisi tertentu sesuai agama mereka. Hukum Filipina mengikat bahkan bagi warganya yang tinggal di luar negeri. Jika warga negara Filipina yang menikah secara sah bercerai saat berada di luar negeri, perceraian tersebut tidak pernah diakui di Filipina. 
Satu-satunya saat perceraian diakui secara sah di Filipina adalah ketika seorang non-Filipina menceraikan pasangan Filipina saat berada di luar negeri. Orang Filipina dapat menikah lagi, bahkan jika pasangan non-Filipina mendapatkan kewarganegaraan asing setelah mereka bercerai.

Vatikan adalah negara kota mandiri yang didirikan pada tahun 1929 oleh Perjanjian Luteran. Vatikan adalah kota gerejawi yang diperintah oleh paus; oleh karena itu semua doktrin dan hukum Katolik berlaku di Vatikan. 

Umat ​​Katolik memiliki keyakinan yang kuat akan kesucian pernikahan, dan mereka percaya bahwa itu adalah persatuan yang permanen. Vatikan tidak memiliki ketentuan hukum untuk perceraian sebaliknya, pasangan hanya dapat membatalkan pernikahan mereka.

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...