Tahukah Anda, Inilah 5 Kota dengan Petir Super Ganas di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:46 WIB
Foto : Boombastis Foto : Boombastis

RIAU24.COM -  Salah satu peristiwa alam yang mengerikan adalah petir. Biasanya, petir muncul saat terjadinya badai. NASA melaporkan lebih dari 1,4 miliar sambaran petir setiap tahunnya. Namun, tak seluruh permukaan bumi tersambar petir. Lebih dari 70 persen petir terjadi di daerah tropis.

Kutub Utara dan Selatan adalah wilayah yang paling sedikit terkena sambaran petir. Lalu, di manakah wilayah dengan sambaran petir terbanyak? Berikut beberapa kota dengan intensitas petir terbanyak hingga paling ganas di dunia.

Baca Juga: Organisme Luar Biasa Ini Bisa Bertahan di Luar Angkasa

1. Kabare, Kongo

Daerah dengan petir terbanyak berada di Kabare. Wilayah ini berada di tepi barat Danau Kivu, Republik Demokratik Kongo. Setiap tahun, lebih dari 205,31 kilatan petir menyambar per 247 hektare di wilayah Kabare. Tak bisa dibayangkan bagaimana cemasnya jika kita tinggal di kota yang berada di antara Danau Kivu dan pegunungan Mitumba, di Benua Afrika ini.

2. Danau Maracaibo, Venezuela

Ibu kota petir dunia ternyata berada di Venezuela, tepatnya di Danau Maracaibo. Danau terbesar di Amerika Selatan ini menerima sambaran petir sekitar 233 per kilometer persegi setiap tahunnya. Puncaknya terjadi pada bulan September. Setiap malam yang cerah, wisatawan dan peneliti bisa melihat ribuan petir. Warga lokal menyebut fenomena ini sebagai mercusuar Petir Catatumbo, yang membantu mereka mencari arah saat mengemudikan perahu di kegelapan.

Baca Juga: Inilah Arti dan Makna Tatapan Anjing kepada Anda

3. Caceres, Kolombia

 

Salah satu kota tertua di Kolombia, Caceres, menerima lebih banyak kilatan petir dibandingkan wilayah lain di Kolombia. Setiap tahunnya, lebih dari 172,29 kilatan petir terjadi per setiap 247 hektare per tahun. Meski menyeramkan, banyak wisatawan yang justru berkunjung ke kota tersebut demi menyaksikan kilatan petir.

4. Dagar, Pakistan

Kota Dagar yang berada di provinsi Khyber-Pakhtunkawa menjadi titik pusat petir terbanyak di Asia. Wilayah dengan ketinggian 688 meter ini menjadi sasaran empuk bagi kilatan petir. Sekitar 143,11 kilatan petir per 247 hektare terjadi di Dagar yang berlokasi di pegunungan Pakistan.

5. Depok, Indonesia

 

Guiness Book of World Record menobatkan Depok sebagai kota dengan petir paling ganas di dunia. Kekuatan petir di Depok mencapai 379,2 KA. Kekuatan petir sebesar itu disebut mampu meratakan bangunan yang terbuat dari beton. Selama tahun 2001, Depok menerima sambaran positif sebanyak 340 kali dan 82.250 sambaran negatif. Tingginya angka tersebut diperkirakan karena kandungan besi tanah di Depok yang cukup tinggi.

Itulah beberapa kota dengan petir terbanyak hingga terganas, yang salah satunya ternyata ada di Indonesia. Bahkan, Indonesia memang menjadi negara dengan angka sambaran petir yang cukup tinggi setiap tahunnya karena kondisi meteorologis yang sangat mendukung.

 

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...