NASA Ungkap 10 Fakta Menarik Tentang Venus, Sering Disebut Planet Neraka

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:12 WIB
Planet Venus /NASA Planet Venus /NASA

RIAU24.COM Venus adalah salah satu planet yang menyusun tata surya bima sakti (milky way) di ruang angkasa.

Venus menjadi salah satu planet yang ikut berpartisipasi pada saat terjadinya fenomena langka sejajarnya lima planet yang hanya terjadi sekali selama 18 Tahun.

Berikut 10 fakta menarik tentang planet Venus yang diungkap oleh Nasa:

1. Kembaran Bumi yang Beracun

Venus sering disebut sebagai kembaran Bumi karena ukuran dan strukturnya yang serupa. Namun, Venus memiliki panas permukaan yang ekstrem dan atmosfer yang padat dan beracun. Jika Matahari sebesar ukuran pintu, maka Bumi dan Venus masing-masing akan seukuran sebesar nikel.

2. Planet Kedua

Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari, mengorbit pada jarak sekitar 67 juta mil (108 juta kilometer).

3. Miliki Hari Panjang, Tapi Tahun Pendek

Venus berputar sangat lambat pada porosnya. Satu hari di Venus berlangsung selama 243 hari Bumi. Planet ini mengorbit Matahari lebih cepat dari Bumi, bagaimanapun, jadi satu tahun di Venus hanya membutuhkan sekitar 225 hari Bumi, membuat hari Venus lebih lama dari tahun.

Baca Juga: Organisme Luar Biasa Ini Bisa Bertahan di Luar Angkasa

4. Miliki Bagian Beragam

Venus memiliki permukaan padat yang ditutupi oleh gunung berapi seperti kubah, celah, dan pegunungan, dengan dataran vulkanik yang luas dan dataran tinggi bergerigi yang luas.

5. Permukaan Paling Muda

Rata-rata permukaan Venus berusia kurang dari satu miliar tahun, dan mungkin semuda 150 juta tahun ,yang relatif muda dari perspektif geologis. Ini adalah teka-teki besar bagi para ilmuwan. Mereka tidak tahu persis apa yang terjadi yang membuat Venus benar-benar muncul kembali.

6. Planet Terpanas

Atmosfer tebal Venus memerangkap panas menciptakan efek rumah kaca yang tak terkendali, menjadikannya planet terpanas di tata surya kita dengan suhu permukaan yang cukup panas untuk melelehkan timah. Efek rumah kaca membuat Venus kira-kira 700 ° F (390 ° C) lebih panas daripada tanpa efek rumah kaca.

7. Awan Bau

Venus secara permanen diselimuti awan tebal asam sulfat beracun yang dimulai pada ketinggian 28 hingga 43 mil (45 hingga 70 kilometer). Diketahui awan ini berbau seperti telur busuk.

Baca Juga: Inilah Arti dan Makna Tatapan Anjing kepada Anda

8. Planet Pertama yang Dieksplor

Venus adalah planet pertama yang dieksplorasi oleh pesawat ruang angkasa dan dipelajari secara intensif di awal sejarah eksplorasi ruang angkasa. Venus juga merupakan planet pertama yang permukaannya dicapai oleh pesawat luar angkasa dari Bumi. Panas yang hebat berarti pendarat hanya bertahan selama beberapa jam.

9. Kehidupan di Venus

Venus adalah tempat yang tidak mungkin untuk kehidupan seperti yang kita ketahui, tetapi beberapa ilmuwan berteori bahwa mikroba mungkin berada di ketinggian, di awan yang lebih dingin dan tekanannya mirip dengan permukaan bumi. Fosfin, kemungkinan indikator kehidupan mikroba, telah diamati di awan.

10. Matahari Terbit di Barat

Venus berputar mundur pada porosnya dibandingkan dengan kebanyakan planet di tata surya kita. Ini berarti Matahari terbit di barat dan terbenam di timur, kebalikan dari apa yang kita lihat di Bumi.

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...