Ditemukan Nikola Tesla Tapi Urusan Hak Paten Milik Ilmuwan Lain, Kok Bisa?

Senin, 01 Agustus 2022 | 01:29 WIB
Nikola Tesla, Sumber: S Magazine Nikola Tesla, Sumber: S Magazine

RIAU24.COM - Siapa yang tak mengenal Nikola Tesla? Selain sebagai pemikir hebat dan inovatif, dia juga insinyur listrik dan mekanik paling produktif di akhir abad ke-19.

Sayang, salah satu temuannya dicatut ilmuwan lain dikutip dari sindonews.com.

Temuan yang hak paten nya milik ilmuwan lain itu adalah radio. Tahukah jika pencipta di balik hal yang luar biasa ini adalah Nikola Tesla.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Bantu Memperlambat Penuaan Sebelum Usia 50 Tahun

Dia sudah melakukan sejumlah besar penelitian dan eksperimen tentang gelombang radio. Tesla mengajukan patennya pada tahun 1897 yang diberikan kepadanya pada tahun 1900.

Namun, Guglielmo Marconi memiliki ide serupa, dan mengajukan patennya tetapi ditolak karena hampir sama dengan milik Tesla.

Marconi mengambil banyak ide dari Tesla dan memulai perusahaannya sendiri.

Segera dia dapat mengirimkan sinyal yang mengesankan kantor paten, sehingga mengubah keputusan dan memberikan paten pada Marconi.

Tesla tidak punya banyak uang untuk berjuang menyalin ide-idenya yang akhirnya membawa Marconi menjadi penemu radio.

Baca Juga: Apa Itu Vaskulitis? Penyakit yang Pernah Didiagnosis Ashton Kutcher yang Membuatnya Lumpuh Total

Pada awal tahun 1895 Tesla siap mengirim sinyal radio sejauh 50 mil, dari labnya di 33 dan 35 South Fifth Avenue di Manhattan, ke West Point, New York.

Namun, bencana melanda sebelum uji peletakan batu pertama selesai, gedung malah terbakar lalu menghancurkan Tesla's lab. Setahun kemudian, Marconi mengeluarkan paten telegram nirkabel pertamanya di Inggris.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...