Inilah 15 Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:21 WIB
15 fakta unik Kemerdekaan Indonesia /Ngopibareng.id 15 fakta unik Kemerdekaan Indonesia /Ngopibareng.id

RIAU24.COM - Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari paling bersejarah bagi masyarakat Indonesia karena pada tanggal tersebut merupakan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari bersejarah ini merupakan perjuangan dari para pahlawan yang sudah berhasil untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Timeline: Bencana di Stadion Sepakbola Paling Mengerikan Sepanjang 40 Tahun Terakhir

Dikutip pada Selasa (16/8/2022) dari video yang diunggah akun YouTube Usama, sebenarnya banyak fakta-fakta unik yang terjadi saat proklamasi tersebut. Berikut 15 fakta unik menganai kemerdekaan Indonesia:

1. Soekarno tidak enak badan

Pada saat upacara proklamasi kemerdekaan, Bung Karno sedang terserang penyakit malaria. Saat itu bulan Ramadhan. Karena sedang sakit, Bung Karno tidak berpuasa. Walaupun sempat makan sahur beberapa jam sebelum upacara dimulai, namun hal itu tidak menyurutkan semangat kemerdekaan sang proklamator.

2. Upacara proklamasi yang sederhana

Upacara proklamasi pada tahun 1945 tidaklah meriah seperti sekarang. Dahulu tidak ada protokol, musik, bahkan tiang bendera saja masih terbuat dari batang bambu.

3. Naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno masuk tong sampah

Bukan pemerintah yang memiliki naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Bung Karno. Melainkan seorang wartawan asal Aceh bernama BM Diah yang menemukannya dirumah Laksamana Maeda.

Sebelum naskah diserahkan ke Museum Arsip Nasional tahun 1992, BM Diah telah menyimpan selama 47 tahun.

4. Perintah pertama Presiden Soekarno

Setelah ditunjuk sebagai Presiden, Bung Karno bukannya memerintahkan tetapi malah menyuruh membeli sate 50 tusuk dekat kediamannya.

5. Dokumentasi Proklamasi yang hampir disita Jepang

Frans Mendur merupakan penyelamat dokumentasi proklamasi milik negara. Ia menanamnya di bawah pohon kantor Hasian Asia Raja supaya tidak ditemukan oleh pihak Jepang.

6. 17 Agustus merupakan tanggal wafatnya Pencetus Bahasa Indonesia dan pencipta lagu Indonesia Raya

17 Agustus ternyata bukan hanya hari kemerdekaan, tetapi juga tanggal meninggalnya pencipta lagu Indonesia Raya Wage Rudolf Soepratman dan pencetus Bahasa Indonesia Herman Neubronner Van Der Tuuk.

7. Pemberian gelar proklamator setelah 41 tahun Indonesia merdeka

Gelar proklamator yang diberikan Soekarno hanya gelar lisan yang diberikan oleh rakyat Indonesia, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah tentang pemberian gelar ini. Pada tahun 1986, gelar ini secara resmi diberikan kepada keduanya.

8. Proklamator hampir lebih dari dua orang

Siapa sangka Bung Hatto pernah mengusulkan bahwa semua yang hadir dalam rangka perumusan naskah proklamasi ikut menandatangani naskah tersebut.

9. Ibukota sempat pindah 3 kali dalam 4 tahun

Hanya Indonesia yang Ibukotanya berpindah-pindah dalam kurun waktu yang singkat sebanyak 3 kali. Setelah Jakarta pada tahun 1945, Ibukota pindah ke Yogyakarta pada tahun 1946, lalu pindah ke Bukit Tinggi pada tahun 1948, dan kembali lagi ke Jakarta pada tahun 1949.

10. Supeno merupakan menteri pertama yang ditembak Belanda

Perjuangan kemerdekaan tak berhenti setelah proklamasi saja. Buktinya, masih ada perlawanan dari pihak Belanda setelah proklamasi tersebut.

11. Indonesia masuk piala dunia

Sebelum merdeka, ternyata Indonesia pernah ikut piala dunia pada tahun 1938. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia - Belanda.

12. Keluar masuk PBB

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah keluar dari keanggotaan PBB pada tahun 1965. Saat itu, Indonesia menarik diri dari keanggotaan PBB karena Malaysia ditunjuk sebagai dewan keamanan PBB.

13. Menteri kelahiran Indonesia pertama

Setelah 43 tahun, Indonesia akhirnya memiliki menteri pertama yang benar-benar asli Indonesia adalah Ir. Akbar Tanjung yang menjadi menteri negara pemuda dan olahraga.

Baca Juga: Manfaat Biopori bagi Lingkungan

14. Tidak ada nama jalan Soekarno - Hatta di Jakarta

Walaupun Jakarta sebagai tempat berlangsungnya proklamasi, tidak ada nama jalan Soekarno - Hatta di Jakata. Nama tersebut diabadikan pada tahun 1985 menjadi nama bandara setelah 16 tahun Bung Karno wafat.

15. Panglima Soedirman tak pernah punya jabatan resmi

Siapa sangka panglima perang yang menjadi kebanggaan Indonesia Jendral Soedirman tidak pernah menduduki jabatan yang resmi di kabinet Republik Indonesia.

Itulah 15 fakta unik terkait Kemerdekaan Indonesia yang jarang diketahui.

(***)(dil)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...