Kejadian Langka! Jupiter akan Dekati Bumi dengan Jarak Terdekat dalam 70 Tahun dan Terjadi pada Bulan Ini

Rabu, 21 September 2022 | 10:21 WIB
Jupiter akan bergerak dekati Bumi dengan jarak terdekat yang terjadi dalam 70 tahun /AFP Jupiter akan bergerak dekati Bumi dengan jarak terdekat yang terjadi dalam 70 tahun /AFP

RIAU24.COM Jupiter, raksasa gas Tata Surya kita mungkin adalah alasan mengapa Bumi masih aman dan sehat sampai sekarang.

Baca Juga: Apakah Perubahan Iklim Dapat Memicu Badai? Simak Penjelasannya

Yupiter adalah planet terbesar di Tata Surya dan melahap banyak batuan luar angkasa yang sedang menuju bagian dalam Tata Surya, yaitu lingkungan sekitar Bumi.

Kesempatan untuk mengamati raksasa lembut ini dengan cara yang paling jelas mungkin sudah dekat. Ini karena planet Jupiter akan datang paling dekat dengan Bumi dalam 70 tahun terakhir.

NASA mengungkapkan pendekatan terdekat akan terjadi pada 26 September.

"Para pengamat bintang dapat mengharapkan pemandangan Jupiter yang luar biasa sepanjang malam Senin, 26 September ketika planet raksasa itu mencapai oposisi," kata NASA dalam sebuah postingan blog.

Sebuah 'oposisi' terjadi, dari sudut pandang Bumi, ketika sebuah benda langit terbit di Timur saat Matahari terbenam di Barat. Ini menempatkan Matahari dan objek persis berlawanan satu sama lain.

Oposisi Jupiter terjadi setiap 13 bulan. Pada saat ini planet tampak lebih terang dan lebih besar dari biasanya.

“Tapi itu belum semuanya. Jupiter juga akan melakukan pendekatan terdekatnya ke Bumi dalam 70 tahun terakhir!," kata NASA.

Baca Juga: Ngeri! Ilmuwan Temukan Bahan Kimia PFAS di Dalam Sampel Darah Tali Plasenta Ibu Hamil

Kali ini, oposisi Jupiter bertepatan dengan pendekatan terdekatnya ke Bumi. Ini adalah sesuatu yang langka.

Jupiter akan berada 365 juta mil dari Bumi pada saat pendekatan terdekatnya.

(***)

 

 

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...