4 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 143 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Siberian Airlines

Selasa, 04 Oktober 2022 | 08:13 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 4 Oktober /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 4 Oktober /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 4 Oktober merupakan hari ke 277 tahun ini dan tersisa 88 hari lagi sampai kita mencapai akhir tahun baru.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Punya Kesabaran Tiada Batas, Pribadinya Juga Tegar

4 Oktober dalam sejarah adalah hari bencana, penemuan, dan banyak lagi. Di sini Anda akan menemukan beberapa fakta dan peristiwa menarik yang semuanya membuat hari ini menjadi hari yang penting dalam sejarah.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1957, Sputnik 1 menjadi satelit buatan pertama bumi yang masuk ke orbit? Itu mengorbit selama tiga minggu sebelum baterainya mati dan kemudian jatuh dua minggu kemudian.

Di tanggal yang sama pada tahun 2001, 143 orang tewas dalam kecelakaan pesawat Siberian Airlines yang ditembak jatuh oleh Rudal Ukraina di atas Laut Hitam.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 4 Oktober, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2017

Perdana Menteri Inggris Theresa May "tergelincir merah muda" selama pidatonya di Konferensi Nasional Konservatif.

Secara resmi itu adalah makalah Pemutusan Hubungan Kerja P45.

2011

Dark Souls, game Souls kedua setelah Demon's Souls, dirilis untuk PS3 dan Xbox 360 di Amerika Utara.

Itu bukan sekuel dari Demon's Souls, tapi itu cukup dekat bagi mereka untuk dipertimbangkan dalam seri yang sama. Dark Souls adalah game yang diterima dengan sangat baik hanya dengan satu tangkapan: pemain berpikir itu terlalu sulit!

2006

Julian Assange meluncurkan WikiLeaks.com. WikiLeaks adalah situs web yang mengarsipkan dokumen, seringkali bersifat sensitif dan bersifat pemerintahan.

2001

143 orang tewas dalam kecelakaan pesawat Siberian Airlines yang ditembak jatuh oleh Rudal Ukraina di atas Laut Hitam.

1997

Perampokan uang tunai terbesar kedua dalam sejarah AS dilakukan.

Di Charlotte, North Carolina, brankas Loomis, Fargo & Co dirampok sebesar $ 17.3 juta! Dua puluh empat orang dihukum karena pencurian, dan 88% dari uang itu dipulihkan.

1974

Album John Lennon ‘Walls and Bridges’ dirilis di AS.

1965

Paus Yohanes Paulus IV mengunjungi New York, menjadi Paus pertama yang mengunjungi Belahan Bumi Barat.

1957

Sputnik 1 menjadi satelit buatan pertama Bumi yang masuk ke orbit.

1927

Gutzon Borglum mulai memahat Gunung Rushmore.

1918

Musikal ‘Sometime’ menampilkan pertunjukan pertamanya di Shubert Theatre di Broadway, New York City, AS.

1883

Orient Express memulai perjalanan pertamanya dari Paris ke Istanbul. Perjalanan awal berhenti di Jerman, Austria, Rumania, Serbia, dan Bulgaria.

1675

Paten arloji saku diberikan kepada matematikawan dan ilmuwan Belanda Christiaan Huygens. Huygens juga mematenkan jam pendulum pertama pada tahun 1656.

1582

Paus Gregorius XIII memperkenalkan konsep Kalender Gregorian ke Eropa. Beberapa negara Eropa tidak mengadopsi kalender tersebut hingga 15 Oktober karena keterlambatan komunikasi.

1535

Terjemahan Alkitab bahasa Inggris lengkap pertama diterbitkan. William Tyndale dan Miles Coverdale menyelesaikan Alkitab Matius.

Baca Juga: 30 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 4 Oktober.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...