4 Tanda Healthy Friendship yang Tak Semua Orang Miliki, Apakah Kamu Salah Satunya?  

Rabu, 16 November 2022 | 13:27 WIB
Ilustrasi Healthy Friendship. (VOI/Foto) Ilustrasi Healthy Friendship. (VOI/Foto)

RIAU24.COM - Biasanya kita banyak mendengar kata Toxic Friendship di media sosial, dimana hubungan pertemanan ini malah bikin hamu menderita. 

Lawan dari toxic adalah healthy friendship atau pertemanan sehat yang mampu membuat hidupmu maju. 

Baca Juga: Kenali Rasa Kecewa Saat Tim Favorit Kalah Berlaga di Piala Dunia
 

Pertemenan sehat bukan hanya dapat membuatmu rileks karena asyik diajak nongkrong dan ngobrol. 

Tetapi juga dapat meningkatkan dan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih baik. Sebagai contoh, teman yang toksik ketika diceritakan mengenai impianmu malah akan menghasutmu untuk tidak berpikir muluk-muluk. 

Sebaliknya, teman yang baik malah berusaha meyakinkan dan mendukung kalau kamu pasti mampu meraih impian tersebut. 

1. Kumpul dengan mereka membuatmu nyaman

Tanda paling kentara pertemananmu sudah ada di jalur yang benar atau tidak, yaitu feel yang kamu dapat ketika berkumpul bersama mereka seperti apa. Kalau tiap kali bertemu mereka malah bikin suasana hatimu berantakan, capek mental, atau bikin kamu sedih dan tersiksa, itu artinya pertemananmu ada yang salah.

Pertemanan yang sehat gak seperti itu. Justru berkumpul dengan teman-teman yang baik bisa menyegarkan pikiran atau membuatmu bahagia. Ini disebabkan berinteraksi dengan mereka membuatmu nyaman.

2. Bersikap suportif

Ciri lain dari pertemanan sehat, adalah sikap suportif. Misalnya, ketika kamu bilang ke mereka ingin ikut suatu lomba, mereka akan mendukungmu. Bukan malah menjatuhkan mentalmu.

Begitu pula ketika kamu sedang alami situasi sulit. Teman suportif gak akan sibuk menyalahkanmu, tapi cukup menghiburmu agar bisa cepat bangkit dari situasi sulit yang dialami saat ini.

3. Menghargai privasi

Pertemanan yang sehat akan sadar bahwa sekalipun berteman dekat tapi tetap saja masing-masing memiliki privasi. Ada rasa saling menghargai terhadap privasi masing-masing.

Misalnya, mereka gak akan kurang ajar memakai ponselmu tanpa izin dan melihat-lihat isi galerimu. Kalaupun ingin meminjam ponsel, pasti izin terlebih dahulu dan gak sembarang membuka-buka aplikasi yang ada di ponselmu.

4. Tidak berusaha menguasai

Ciri lain dari pertemanan sehat, yaitu gak berusaha menguasai. Mereka gak masalah dan senang-senang aja kalau kamu bergaul dengan yang lain. Karena sekalipun kalian bersahabat erat bukan berarti gak bisa berteman dengan circle yang lain.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...