Intip Fakta Unit Terkait Negara yang Pernah Berjaya Pada Abad 14

Jumat, 18 November 2022 | 13:31 WIB
 Intip Fakta Unit Terkait Negara yang Pernah Berjaya Pada Abad 14 Intip Fakta Unit Terkait Negara yang Pernah Berjaya Pada Abad 14

RIAU24.COM - Ada beberaoa fakta menarik tentang negara terkurung daratan di Afrika Barat, Republik Mali. Ibukotanya adalah Bamako, Mali berbatasan dengan Burkina Faso, Algeria dan Mauritania.

Kekaisaran Mali berdaulat dari abad ke-13 hingga ke-16. Puncak kejayaannya adalah ketika diperintah oleh Raja Mansa Musa I pada abad ke 14.

Mansa Musa memiliki kekayaan yang melimpah dan tidak sebanding dengan para miliarder zaman sekarang.

Baca Juga: Kenali Rasa Kecewa Saat Tim Favorit Kalah Berlaga di Piala Dunia

Penelitian modern menyimpulkan bahwa Mansa Musa adalah orang terkaya di dunia sepanjang masa.

Namun, Prancis menjajah Mali pada tahun 1890-an. Inilah sebabnya mengapa bahasa Prancis adalah bahasa resmi Mali.

1. Orang terkaya di dunia

Jika berbicara tentang orang terkaya di dunia, mungkin nama Elon Musk ada di awal. Namun, kekayaan bos Tesla tidak seberapa dibandingkan dengan Mansa Musa, raja ke-10 Kekaisaran Mali.

Menurut sejarawan, kekayaan Mansa Musa telah mencapai 400 miliar dolar atau lebih dari 6,282 triliun rupee.

Pada kenyataannya, harta itu jauh lebih dari apa yang digambarkan. Inilah yang membuatnya menjadi orang terkaya sepanjang masa.

Namun, Mansa Musa dikenal sebagai pemimpin yang dermawan dan serba bisa. Mansa Musa tak segan-segan membagikan emas kepada para petani miskin.

2. Kain Cantik Bgòlanfini dari Mali

Mali memiliki kerajinan tangan yang sangat unik dan indah. Bògòlanfini adalah kain tradisional yang dicat dengan lumpur.

Kain katun Bògòlanfini adalah identitas Mali yang berharga. Meski dikenal sebagai kain tanah liat, kain Mali sebenarnya terbuat dari tanah liat dengan kandungan besi yang tinggi.

3. Ini adalah 12 bahasa nasional Mali

Yang jarang diketahui negara Mali adalah negara yang memiliki 12 bahasa nasional yang dituturkan oleh masyarakatnya.

Selain Perancis dan Bambara, Mali juga menggunakan Tieya Xo Bozo, Soninke, Maasina Fulfulde, Mamara Senoufo, Bomu dan Hassaniya Arabic.

Baca Juga: Melakukan Pekerjaan Secara Sekaligus Membuat Seseorang Tidak Fokus

4. Rumah gajah Afrika

Tuareg dan Fulani adalah suku nomaden yang bermigrasi dengan gajah Afrika. Menurut mereka, Mali adalah tempat yang aman dan damai bagi gajah Afrika.

Peneliti Kenya Jake Wall menemukan bahwa migrasi gajah terbesar terjadi di gurun Mali di Afrika. Gajah bermigrasi ke Mali untuk mencari makanan dan air.

5. Konservasi Warisan Dunia UNESCO

Mali memiliki warisan dunia yang terdaftar oleh UNESCO. Ada Kota Tua Jena, yang memiliki 2.000 rumah tradisional Mali yang berasal dari tahun 1000 SM oleh abad ke-3.

Bangunan itu tetap utuh sampai hari ini. Selain itu, ada bangunan di kota kuno Timbuktu. Kota ini juga indah dan penuh sejarah

PenulisR24/int


Loading...

Terpopuler

Loading...