Bingung Mau Menu Apa? Berikut Ide Sarapan Sehat dan Lezat dari Olahan Telur yang Bisa Kam Coba Dirumah 

Minggu, 20 November 2022 | 15:33 WIB
Ilustrasi Omurice. (Okezone/Foto) Ilustrasi Omurice. (Okezone/Foto)

RIAU24.COM - Salah satu yang dapat menjadi sumber energi bagi anak saat memulai hari ialah sarapan pagi yang bergizi dan penuh nutrisi. Dengan adanya nutrisi baik pada pagi hari dapat membantu anak dalam menunjang aktivitasnya sepanjang hari.

"Sejak berada dalam kandungan, bayi sudah membutuhkan asupan gizi terbaik dari ibu dan berlangsung hingga dewasa," ujar Nutritionist Upfield Indonesia, Yulaika Widhiastuti, dalam keterangan pers mengutip Republika.co.id. 

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Menurut dia, gizi seimbang adalah kunci memberikan asupan tersebut. Adapun beberapa zat gizi yang dibutuhkan seperti Omega 3 & 6, Vitamin A & E dan beberapa nutrien lainnya.

Asupan omega 3 & 6 yang cukup akan membantu tumbuh kembang anak yang baik. Sedangkan kecukupan vitamin A & E, akan membantu pembentukan daya tahan tubuh selama dibarengi dengan asupan gizi seimbang.

Di sisi lain, data dari survei diet total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 mendapati bahwa 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama asupan vitamin dan mineral. Bahkan 27 persen anak-anak berangkat ke sekolah dalam perut kosong.

Padahal, terdapat berbagai makanan pokok yang dapat ibu jadikan sebagai asupan nutrisi untuk sarapan yang bergizi, dimana dua bahan makanan yang paling sering dikonsumsi dan mudah ditemukan ialah nasi dan telur.

Nasi mengandung hingga 130 kalori dalam setiap 100 gramnya dan 53 gram karbohidrat, dimana dengan kandungan ini mampu memberikan energi bagi tubuh.

Sementara, telur memiliki kandungan gizi, mulai dari sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut inspirasi resep sarapan sehat dan bernutrisi yang dapat menjadi pilihan Ibu saat menyiapkan sarapan di pagi hari dengan sangat praktis, diantaranya:

1. Telur tornado ala Korea "tornado egg”

Inspirasi resep nasi dan telur lainnya yang juga dapat mengunggah selera anak, telur tornado ala Korea. Ibu dapat menyiapkan nasi dan telur dengan tampilan yang lebih menarik ditambah dengan cita rasa margarin Margarin yang menambah rasa gurih dalam masakan. Ibu juga dapat memberikan topping lainnya seperti sosis atau sayuran kesukaan anak.

2. French omelette

Menu ini sering dijadikan favorit untuk memulai pagi. Ibu bisa menambahkan sayuran kesukaan si kecil di dalamnya, seperti wortel.

Menurut Nutritionist Upfield Indonesia, Yulaika Widhiastuti, ibu bisa menggunakan margarin sebagai pengganti minyak untuk menggoreng telur. 

"Kandungan Omega 3 dan 6 serta diperkaya vitamin dan mineral pada margarin penting untuk nutrisi esensial bagi pertumbuhan fisik dan mental,” ujar Yulaika.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

3. Omurice

Menu makanan ini cukup identik dengan sarapan, paduan nasi dan telur yang lezat dapat menambah napsu makan anak. 

Cara memasaknya yang sederhana juga dapat menjadi pilihan Ibu saat tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sarapan. Sebagai variasi Ibu juga dapat menambahkan daging ayam atau sosis dan sayur-sayuran seperti kacang polong atau jagung.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...