24 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Evolusi Sedunia

Kamis, 24 November 2022 | 08:10 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 November /freepik Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 November /freepik

RIAU24.COM - Tanggal 24 November diperingati sebagai Hari Evolusi Sedunia. Hari Evolusi Sedunia diperingati setiap tanggal 24 November sejak tahun 1859.

Baca Juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

Tanggal 24 November juga merupakan hari ke-328 dalam setahun dan tersisa 37 hari hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1995, Irlandia mengakhiri larangan perceraiannya? Sekitar dua pertiga dari pemilih terdaftar ternyata dan memberikan suara pada masalah ini, dengan suara yang menang adalah 50,28%.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Taylor Swift memenangkan enam penghargaan di American Music Awards, termasuk Artist of the Year dan Artist of the Decade.

2018

Sebuah perahu pesta di Danau Victoria di Uganda terbalik dan menewaskan 29 orang. Insiden itu disebabkan kapal kelebihan muatan dengan 100 orang di dalamnya.

2016

Sebuah tim peneliti internasional menerbitkan penemuan mereka terhadap 1.500 virus baru yang ada pada invertebrata di Australia dan China.

2012

Video musik ‘Gangnam Style’ psy menjadi video yang paling banyak ditonton di YouTube, melewati 800 juta tampilan. Penayangan video musiknya melewati ‘Baby’ Justin Bieber.

1995

Irlandia mengakhiri larangan perceraiannya.

1991

STS 44 Atlantis 10 diluncurkan ke luar angkasa. Itu adalah peluncuran pesawat ruang angkasa ke-7 AS.

1967

Restoran Chick-fil-A pertama dibuka di Greenbriar Mall Atlanta.

1905

Fotografer Alfred Stieglitz membuka The Little Galleries of the Photo-Secession di Manhattan, New York.

Ini adalah titik balik dalam sejarah untuk pengakuan fotografi seni. Stieglitz memperkenalkan fotografi ke Amerika sebagai bentuk seni, dan galeri ini mendapatkan rasa hormat terhadap fotografi sebagai media pembuatan seni seperti lukisan cat minyak dan pembuatan cetakan.

1887

George Hancock, yang menemukan softball, memainkan pertandingan pertama di Chicago.

1859

Dilansir situs Assemblies For All, pada 163 tahun silam atau tanggal 24 November 1859, publikasi ilmiah berjudul 'On the Origin of Species' karya Charles Darwin diterbitkan. Terbitnya buku yang sampai sekarang masih terus dicetak ulang itulah yang menjadi tonggak perayaan Hari Evolusi.

Dikutip dari situs Britannica, teori evolusi pertama kali dikemukakan oleh Charles Darwin melalui bukunya, 'On the Origin of Species'. Sejak itu Charles Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.

Dalam buku tersebut, Charles Darwin menyatakan gagasan bahwa evolusi terjadi karena seleksi alam. Dia juga mencetuskan teori bahwa evolusi merupakan cara alami makhluk hidup dalam beradaptasi terhadap lingkungannya.

1639

Astronom Jeremiah Horrocks dan William Crabtree mencatat pengamatan pertama yang diketahui tentang transit Venus melintasi matahari.

1434

Dari hari ini hingga 10 Februari 1435, sungai Thames London benar-benar membeku. Pada tahun 1806, penulis Inggris B. Lambert menulis tentang peristiwa tersebut dalam bukunya ‘The History and Survey of London and its Environs’ setelah mempelajari pola pembekuan Sungai Thames.

1248

Tanah longsor dahsyat di Mont Granier menghancurkan lima desa. Terletak di antara Savoie dan Isère di Prancis, bencana alam ini dikenang sebagai salah satu tanah longsor terbesar dan paling mematikan di Eropa.

Baca Juga: 9 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...