10 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Sabtu, 10 Desember 2022 | 10:40 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 10 Desember /mybirthday.ninja Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 10 Desember /mybirthday.ninja

RIAU24.COM - Tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya 

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember sejak tahun 1948 silam.

Tanggal 10 Desember juga merupakan hari ke-344 dalam setahun dan tersisa 21 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1817, Mississippi menjadi negara bagian ke-20 yang diterima di Uni? Beberapa suku asli Amerika masih menduduki negara bagian pada saat ini.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 10 Desember, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2005

Cristina Fernandez dilantik sebagai presiden wanita terpilih pertama Argentina.

2001

Angsuran film Lord of the Rings pertama, ‘The Fellowship of the Ring,’ disutradarai oleh Peter Jackson, ditayangkan perdana di London.

1968

Salah satu pencurian terbesar di Jepang terjadi.

Hampir 3.000.000 yen dicuri dalam transportasi oleh seorang pria berpakaian seperti petugas polisi. Penyelidikan berlangsung selama tujuh tahun tanpa penangkapan. Pada tahun 1988, pencuri itu dibebaskan dari tanggung jawab hukum yang memberinya kesempatan untuk menceritakan kisahnya tanpa dampak hukum; Namun, tidak ada yang maju.

1953

Winston Churchill dianugerahi hadiah Nobel dalam Sastra.

1948

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia merupakan peringatan tahunan yang dilakukan untuk memperingati Deklarasi Universal HAM pada tahun 1948 silam. Setiap negara di dunia akan memperingati Hari HAM sedunia pada tanggal 10 Desember. Adapun tujuan dari peringatan ini ialah untuk mengingatkan kepada warga dunia bahwa setiap manusia memiliki hak dan kedudukan yang sama tanpa diskriminasi.

Mengutip dari laman resmi ham.go.id, awal dicetuskannya Deklarasi Universal HAM dilatar belakangi oleh tragedi Perang Dunia II (1939-1945) yang mengakibatkan banyak orang tewas dan menderita, yang berarti hak hidupnya direnggut secara paksa akibat kekejaman perang tersebut.

1936

Edward VIII menandatangani untuk turun tahta Inggris.

Edward VIII menandatangani Deklarasi Pengunduran Dirinya sehingga ia dapat menikahi Wallis Simpson – seorang perceraian Amerika, sebuah pernikahan yang ditentang oleh pemerintah Inggris.

1911

Calbraith Rodgers menyelesaikan penyeberangan pertama AS dengan pesawat terbang dalam 84 hari.

1901

Hadiah Nobel Perdamaian Pertama diberikan kepada pendiri Palang Merah Jean Henri Dunant dan aktivis perdamaian Frederic Passy.

1898

Perjanjian Paris ditandatangani.

Ditandatangani oleh Presiden AS McKinley, perjanjian ini mengakhiri Perang Spanyol-Amerika. Itu berakhir dengan AS mengakuisisi Filipina, Puerto Riko, dan Guam.

1884

Adventures of Huckleberry Finn oleh Mark Twain pertama kali diterbitkan di Inggris dan Kanada.

1817

Mississippi diterima di Uni, menjadikannya negara bagian Amerika ke-20.

1768

Edisi pertama Encyclopaedia Britannica diterbitkan.

1684

Perhitungan dan teori Isaac Newton berdasarkan hukum Kepler dibacakan kepada Royal Society di London.

Manuskrip Newton, yang disebut ‘De motu corporum in gyrum,’ dibacakan kepada Royal Society oleh Edmond Halley setelah mengunjungi Newton awal tahun itu. Halley mendorong Newton untuk melanjutkan perhitungannya dan memperbaiki teori-teorinya, di mana Newton mengembangkan banyak teori fisika yang masih kita gunakan sampai sekarang.

1520

Martin Luther secara terbuka membakar dekrit kepausan, menuntut agar dia mundur.

Dekrit itu, yang ditulis oleh Paus, mengancam akan mengucilkan Martin Luther kecuali dia meninggalkan ajarannya.

1317

Raja Berger dari Swedia merayakan Natal bersama saudara-saudaranya sebelum melemparkan mereka ke ruang bawah tanahnya untuk mati.

Saudara-saudara raja, adipati Eric dan Valdemar, telah berusaha melakukan kudeta terhadap raja pada tahun 1310. Raja Berger mengundang saudara-saudaranya ke perjamuan Natal dengan dalih rekonsiliasi. Pada kenyataannya, dia telah merencanakan kematian saudara-saudaranya selama bertahun-tahun. Pada malam pesta, dia melemparkan Eric dan Valdemar ke ruang bawah tanahnya untuk mati kelaparan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata versi Film Hits Dunia yang Layak Dikunjungi Sebelum Mati, Satunya Ada di Indonesia Loh!

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 10 Desember.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...