Deretan 5 Gedung Tertinggi di Dunia, Satu Diantaranya Burj Khalifa

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:02 WIB
Potret Gedung Burj Khalifa Dubai yang Menjadi Salah Satu Gedung Tertinggi di Dunia. (www.booking.com/Foto) Potret Gedung Burj Khalifa Dubai yang Menjadi Salah Satu Gedung Tertinggi di Dunia. (www.booking.com/Foto)

RIAU24.COM - Dunia telah cukup dipenuhi gedung-gedung tinggi pencakar langit. Namun, pembangunan gedung-gedung tertinggi belakangan malah menjadi tren di negara-negara maju.

Tidak sedikit negara yang masih merencanakan pembangunan gedung dengan tinggi mencapai ratusan meter. Padahal, di berbagai benua di dunia ini telah memiliki gedung-gedung tertingginya sendiri.

Baca Juga: Ketimbang Jalin Kisah Cinta, 4 Zodiak Ini Lebih Mengutamakan Karir
 

Tapi yang menarik adalah, lima gedung tertinggi di dunia saat ini ternyata berada di benua Asia. Masing-masing dari gedung itu memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga tak jarang juga menjadi objek wisata.

Deretan 5 Gedung Tertinggi di Dunia

1. Burj Khalifa

Uni Emirat Arab sejak awal membangun Burj Khalifa dengan ambisi menjadikannya banguan tertinggi di dunia. Menara Burj Khalifa yang terletak di Dubai memiliki tinggi 828 meter.

Burj Khalifa baru rampung dibangun pada 2010, padahal pembangunannya sudah dilakukan sejak 2004. Terdapat 160 lantai di Burj Khalifa dengan sekitar 1.000 apartemen.

Yang mengagumkan, kamu bisaa melihat gedung Burj Khalifa dari jarak 95 kilometer, dengan catatan cuaca sedang cerah. Lift di Burj Khalifa juga bisa naik dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

2. Merdeka 118

Negara tetangga Indonesia, Malaysia ternyata memiliki gedung tertinggi kedua di dunia bernama Merdeka 118 yang berada di Kuala Lumpur. Tinggi Gedung Merdeka 118 mencapai 678,9 meter.

Terdapat 118 lantai di Gedung Merdeka 118. Gedung ini tergolong baru, karena baru selesai dibangun pada pertengahan 2022. Meski belum terdaftar di The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), faktanya Merdeka 118 di Malaysia tetap gedung tertinggi kedua di dunia.

3. Shanghai Tower

Shanghai Tower menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia karena memiliki tinggi 632 meter. Seperti namanya, lokasi Shanghai Tower berada di Kota Shanghai, China.

Selesai dibangun pada 2015, Shanghai Tower memiliki 128 lantai. Gedung ini memiliki sederet fasilitas seperti jaringan kereta bawah tanah, area bisnis, hotel, rekreasi, hingga pasar terbuka. Hebatnya, lift di Shanghai Tower bisa turun atau naik dengan kecepatan 20,5 meter per detik.

Baca Juga: 5 Februari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi  

4. Makkah Royal Clock Tower

Arab Saudi tak mau kalah dari Uni Emirat Arab yang punya Burj Khalifa. Arab membangun Makkah Royal Clock Tower pada 2012, namun berstatus gedung tertinggi keempat di dunia.

Tinggi Makkah Royal Clock Tower mencapai 601 meter dan lokasinya di Kota Mekkah, Arab Saudi. Pembangunan gedung ini memakan biaya fantastis yakni senilai US$15 miliar atau sekitar Rp215,5 triliun.

5. Ping An Finance Center

China kembali menyumbang gedung tertinggi dalam daftar ini, di mana Ping An Finance Center yang berada di Kota Shenzhen menjadi gedung tertinggi kelima di dunia.

Tinggi Ping An Finance Center mencapai 598 meter dan merupakan gedung yang punya banyak fungsi, termasuk sebagai pusat perbelanjaan. Ada hotel juga di gedung yang selesai dibangun pada 2017 ini.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...