26 Januari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Pabean Sedunia dan Hari Peduli Lingkungan Internasional

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 26 Januari /dpsd.org Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 26 Januari /dpsd.org

RIAU24.COM Tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Pabean Sedunia dan Hari Peduli Lingkungan Internasional.

Baca Juga: Punya Otak Cerdas dan Banyak Ide Kreatif, 3 Zodiak Ini Jago Menulis

Hari Pabean Sedunia diperingati setiap tanggal 26 januari setiap tahunnya sejak 1983 dan Hari Peduli Lingkungan Internasional diperingati pertama kalinya sejak tahun 1972.

Tanggal 26 Januari merupakan hari ke-26 dalam tahun 2023 dan tersisa 339 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1972, pramugari Vesna Vulović selamat dari rekor kejatuhan tertinggi di dunia? Dia jatuh 33,330 kaki tanpa parasut setelah bom tas kerja menghancurkan pesawatnya.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 26 Januari, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2020

Sebuah helikopter yang membawa sembilan orang, termasuk Kobe Bryant dan putrinya, jatuh di California tanpa ada yang selamat.

2015

Uskup wanita pertama Inggris dari Gereja Inggris, Libby Lane, ditahbiskan.

2015

Sebuah drone jatuh ke halaman Gedung Putih. Pilot menghadapi dakwaan, yang kemudian dijatuhkan karena kecelakaan.

2004

Seekor paus pengurai seberat 60 ton meledak ke jalan-jalan sibuk di Taipei, Taiwan.

Paus sperma yang mati sepanjang 56 kaki itu sedang berada di belakang truk dalam perjalanan untuk diteliti. Paus meledak karena gas menumpuk di dalam dirinya selama pembusukan.

Puing-puing yang beterbangan benar-benar menyapu jalan di sekitarnya, dan mobil-mobil di dekatnya saat saksi menyaksikan dengan ngeri.

1983

Hari Pabean Internasional diperingati pada tanggal 26 Januari setiap tahun. Hari ini diinisiasi oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) pada tahun 1983.

Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk menghormati jasa semua petugas dan lembaga pabean yang bekerja keras untuk memastikan kelancaran fungsi operasi perdagangan lintas batas internasional.

Setiap negara memiliki otoritas pabean yang bertanggung jawab untuk memungut tarif dan mengawasi impor dan ekspor barang. Negara juga memiliki undang-undangnya sendiri tentang barang yang dapat dibawa ke negara tersebut dan yang dapat dikirim dari sana.

Tanggal 26 Januari dipilih sebagai Hari Pabean Internasional karena merupakan tanggal diresmikannya Customs Cooperation Council (CCC) pada 1953. Organisasi tersebut kemudian menciptakan Hari Pabean Internasional pada tahun 1983.

1980

Frank Sinatra tampil untuk 175.000 orang yang membayar untuk menemuinya di Rio de Janeiro.

1972

Pramugari Vesna Vulović selamat dari kejatuhan tertinggi di dunia tanpa parasut setelah jatuh 33.330 kaki.

Hebatnya dia kemudian pulih sepenuhnya. Dia bahkan ingin kembali bekerja di pesawat, tetapi manajernya memindahkannya ke kantor maskapai penerbangan.

1972

Hari Pendidikan Lingkungan Internasional jatuh pada tanggal 26 Januari setiap tahun. Hari ini diperingati di seluruh dunia dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan antara manusia dan alam.

Tak hanya itu, Hari Pendidikan Lingkungan Internasional juga dibuat untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya bertindak dengan pemikiran dan pengetahuan yang benar guna membawa perubahan berkelanjutan untuk alam yang lebih baik.

Hari Pendidikan Lingkungan Internasional dirayakan pertama kali pada 1972 saat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengadakan konferensi tentang lingkungan hidup manusia di Stockholm, Swedia.

Kondefernsi bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan solusi untuk berbagai masalah lingkungan, baik global maupun lokal.

1962

Pesawat ruang angkasa robot Ranger 3 diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida.

Ranger 3 bisa saja membuat sejarah sebagai pesawat ruang angkasa AS pertama yang mendarat di Bulan, tetapi sejumlah kegagalan fungsi menyebabkan pesawat ruang angkasa itu kehilangan Bulan sejauh 22.000 mil (35.000 km).

Sementara bagian dari tujuan misi adalah untuk menabrak Bulan, itu juga dimaksudkan untuk mengirimkan foto-foto permukaan Bulan kembali ke Bumi dalam 10 menit terakhir sebelum tumbukan.

1961

Elvis Presley mencapai nomor satu di tangga lagu Inggris dengan ‘Are You Lonesome Tonight?’

1936

Stalin dan para pejabat berjalan keluar dari opera Lady Macbeth, menyebutnya ‘kekacauan,’ bukan musik.

1926

Penemu Skotlandia John Logie Baird mengubah dunia komunikasi dan hiburan selamanya ketika ia mendemonstrasikan televisi untuk pertama kalinya.

Baird menunjukkan kepada penontonnya sebuah pertunjukan boneka yang tampil di luar pandangan mereka untuk menunjukkan penemuannya.

1924

Medali Olimpiade Musim Dingin pertama diberikan kepada Skater Amerika Charles Jewtraw setelah berseluncur 5.000 meter hanya dalam 44 detik.

1905

Setelah digali di Afrika Selatan, berlian 3.106 karat menjadi yang terbesar di dunia.

1837

Michigan menjadi negara bagian ke-26 yang bergabung dengan Amerika Serikat.

1531

Tiga puluh ribu nyawa hilang setelah gempa bumi besar mengguncang Lisbon.

Para biarawan kemudian menyebarkan desas-desus bahwa gempa bumi itu adalah hukuman dari Tuhan karena komunitas Yahudi. Seorang penyair bernama Gil Vicente menyebarkan situasi dan mungkin mencegah pembantaian besar-besaran terhadap orang-orang Yahudi.

Baca Juga: Sering Dikira Merek Asing, Ternyata Inilah Pemilik Holland Bakery yang Sebenarnya

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 26 Januari.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...