Ketika Al-Qur'an Beri Warning Soal Bencana Alam Gunung Semeru: Sudah Diingatkan Lebih dari 1400 Tahun Lalu

Senin, 06 Desember 2021 | 09:12 WIB
Gunung Semeru. Sumber: Internet Gunung Semeru. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Tahukah jika bencana alam yang dialami Gunung Semeru serta gunung-gunung lainnya di dunia ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an?

Sementara Al-Qur'an sendiri diturunkan lebih dari 1400 tahun lalu dan tak seperti kitab suci lainnya yang isinya dengan mudah diubah sesuia kehendak dan perkembangan zaman.

Allah Subhanahu Wataala menjamin keutuhan dan keaslian Al-quran, sebagaimana firman-Nya dalam Surah Al Hijr Ayat 15.

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰفِظُوْنَ

Artinya: Sesungguhnya Kami yang menurunkan Al-quran dan Kamilah yang memeliharanya.

Baca Juga: Inilah Tiga Perbuatan yang Dilaknat Oleh Allah

Erupsi dan letusan gunung dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah An-Naml Ayat 88.

اَتْقَنَ كُلَّ شَيْءٍۗ اِنَّهٗ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَفْعَلُوْنَ

Artinya: Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Penjelasan ayat tersebut menurut Tafsir al-Muntakhab yakni: Wahai Rasul, engkau melihat gunung-gunung itu tetap di tempatnya dan engkau mengira mereka diam, padahal yang terjadi sesungguhnya mereka bergerak cepat laksana gerakan awan.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta? Mata Kedutan Berkali-kali Pertanda Akan Menangis?

Dikutip dari okezone.com, pergerakan-pergerakan Bumi, lempengan Bumi, dan semua benda-benda di atasnya tentu menjadi peringatan bagi manusia.

Beberapa diantaranya dapat menimbulkan gempa, gelombang tsunami, hilangnya daratan dari pandangan mata, atau munculnya gunung-gunung baru seperti Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Disisi lain, perubahan dinamis itu menyebabkan terjebaknya endapan-endapan yang amat dibutuhkan bagi manusia. Endapan itu seperti mineral, air tanah, energi fosil, dan lainnya.

PenulisR24/azhar


Loading...

Terpopuler

Loading...