Buahnya Terlihat Menggoda, Semua Bagian dari Pohon Ini Beracun

Minggu, 09 Januari 2022 | 22:28 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Di sepanjang pantai Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan di Florida, ada sebuah pohon dengan buah seperti apel yang tampak lezat dan sangat menggoda.

Namun jangan makan buahnya, jangan pegang cabang atau batang pohonnya, bahkan jangan berada terlalu dekat dengannya!

Pohon ini bernama manchineel atau juga dikenal dengan sebutan apel pantai. Di Spanyol, pohon ini dijuluki la manzanilla de la muerte, yang artinya “apel kecil kematian,” dan arbol de la muerte, “pohon kematian.”

Ilmuwan dari University of Florida, Michael G. Andreu dan Melissa H. Friedman menuliskan peringatan akan pohon tersebut dalam sebuah buku. 

“Peringatan: semua bagian manchineel sangat beracun. Konten dalam dokumen ini sangat informatif. Baik interaksi mau pun menelan bagian mana pun dari pohon ini dapat mematikan,” tulis mereka.

“Para pelaut yang terdampar telah dilaporkan memakan buah manchineel dan, bukannya mati dengan kejam, mereka mengalami radang dan melepuh di sekitar mulut. Orang lain telah didiagnosis dengan masalah perut dan usus yang parah,” kata Roger Hammer, seorang naturalis dan ahli botani yang telah menulis banyak buku tentang flora Florida.

Lalu, pohon yang tampak ramah dengan buah berpenampilan lezat bisa semematikan itu?

Getah pohon ini bewarna putih seperti susu, dan sangat beracun. Bila terkena kulit, bisa menyebabkan lepuh seperti terbakar, dan jika terkena mata, bisa-bisa Anda buta.

Getah ini ditemukan di seluruh bagian pohon, termasuk di kulit kayu dan daun, maka dari itu kita dilarang menyentuhnya.

Racun spesifik yang ditemukan dalam getah ini tetap tidak diketahui. Penduduk asli Karibia biasanya menggunakan getah beracun tersebut untuk melumasi anak panah.

Manchineel cenderung hidup di sepanjang pantai, terutama di air payau. Secara umum, ia menyukai lingkungan yang sama dengan bakau.
 

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...