Tahukah Kamu Benda Sehari-hari yang Kamu Gunakan Ini Dirancang Para Nazi?

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:30 WIB
Adolf Hitler Adolf Hitler

RIAU24.COM - Sementara inovasi Nazi Jerman sering disangka hanya seputar senjata pemusnah massalnya, ternyata ada juga sejumlah produk yang setiap hari kita gunakan juga diciptakan atau dirancang oleh mereka.

1. Jerigen


Banyak yang tidak memikirkan asal usul benda sederhana yang digunakan sehari-hari seperti jerigen. Jerigen (Wehrmacht-kanister) dikembangkan oleh perusahaan insinyur Jerman Müller pada 1937 yang ditugaskan oleh Hitler untuk memenuhi kebutuhan sistem distribusi bahan bakar yang efisien untuk militer. 

Meskipun jerigen dikembangkan secara rahasia, desainnya jatuh ke tangan Amerika pada 1939. Upaya Amerika untuk mendesain ulang tidak berhasil, tetapi Inggris mempelajari jerigen pada 1940 dan bekerja untuk menduplikasi desain, dan memulai produksi massal pada 1944.

2. Metadon


Saat ini metadon, obat opioid, digunakan sebagai pereda nyeri dan sebagai pengobatan untuk kecanduan opioid. Obat ini dikembangkan di Jerman pada 1939 sebagai produk dari pencarian solusi untuk kekurangan opium Jerman. 

Setelah Perang, Sekutu menyita penelitian Jerman tentang obat ini, dan obat itu diperkenalkan di Amerika Serikat pada 1947. 

3. Fanta


Meskipun tidak sepenuhnya merupakan penemuan Nazi, Fanta dikembangkan di Jerman selama Perang Kedua sebagai akibat dari embargo perdagangan Amerika pada 1941 yang memblokir akses ke bahan-bahan yang diperlukan untuk Coca-Cola. 

Untuk mempertahankan bisnisnya, perusahaan Coca-Cola Amerika cabang Jerman membuat resep baru berdasarkan ketersediaan jatah masa perang. Nama Fanta berasal dari kata Jerman fantasie, yang berarti imajinasi atau fantasi.

4. Volkswagen Beetle


Kendaraan ikonik ini, Volkswagen Beetle ditugaskan oleh Hitler pada 1930-an sebagai mobil rakyat, dirancang sebagai mobil praktis dan terjangkau untuk keluarga Jerman.

Beetle dirancang oleh insinyur otomotif Austria-Jerman Ferdinand Porsche, anggota Partai Nazi. Pertama kali diproduksi pada 1938, lalu berhenti produksi pada 1970-an dan kembali diproduksi lagi pada 1998. Namun karena penjualan menurun, Volkswagen menghentikan produksi Beetle pada 2019.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...