Inilah 6 Tips untuk Menjaga Rambut dan Kulit Kepala Tetap Sehat

Minggu, 07 Agustus 2022 | 19:29 WIB
Berikut 6 tips untuk menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap sehat /pexels Berikut 6 tips untuk menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap sehat /pexels

RIAU24.COM - Semua orang tahu bahwa tabir surya diperlukan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Tapi tahukah anda bahwa sinar UV juga dapat merusak rambut?

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Gaya Hidup Mewah dan Punya Ego Tinggi

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan dan kerapuhan rambut, sementara sengatan matahari dapat mengiritasi kulit kepala.

Matahari bukan satu-satunya penyebab yang dapat membahayakan kulit kepala dan rambut. Banyak faktor, beberapa di antaranya adalah produk sampingan dari gaya hidup modern kita, yang dapat merusak rambut.

Faktor eksternal termasuk iklim tropis (yang dapat menyebabkan kulit kepala berminyak), terlalu sering mencuci rambut, menggunakan hairspray atau wax yang berlebihan, dan terlalu sering menjalani perawatan kimia seperti bleaching, dyeing atau rebonding.

Faktor internal termasuk obat-obatan, stres, diet dan penurunan berat badan, yang terkadang disertai dengan kulit kepala kering dan rambut rontok.

Ada juga faktor biologis seperti perubahan hormonal, misalnya selama menopause atau pasca-melahirkan, dan genetika, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada pria atau uban sebelum waktunya.

Jika tidak diobati, kondisi ini dapat memburuk dan menjadi sulit untuk diobati seperti semula.

Inilah 6 tips untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat yang dikutip dari CNA Lifestyle.

Tips 1: Beri makan bukan hanya untuk perut tapi juga kesehatan rambut anda

Selama hari kerja yang sibuk, terlalu mudah untuk membeli burger dan kentang goreng, atau menyantap hidangan berminyak dari kedai kopi terdekat.

Namun, makanan yang tinggi gula atau lemak dapat menyebabkan kulit kepala berminyak.

Cobalah mengganti minuman ringan dengan air putih, dan makanan berlemak tinggi seperti keripik dan donat dengan stik sayur, hummus, dan kacang mentah.

Tips 2: Kurangi stres

Jadwal kerja yang padat mengakibatkan stres dan kurang tidur, dan itu memengaruhi kesehatan rambut.

Menurut ahli rambut, stres dapat menyebabkan berkurangnya pasokan nutrisi ke rambut seseorang dan peningkatan produksi radikal bebas. Hal ini menghasilkan siklus rambut yang lebih pendek dan peningkatan kerontokan rambut.

Meluangkan waktu untuk sedikit memanjakan diri dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stres dan pertumbuhan rambut anda.

Tips 3: Lindungi kulit kepala anda seperti melindungi kulit anda

Sama seperti bagaimana anda melindungi kulit dengan tabir surya, anda perlu melakukan hal yang sama untuk rambut dan kulit kepala anda.

Ada banyak produk pelindung matahari untuk kulit kepala dan rambut yang mengandung kabut, minyak, dan serum.

Jadi jika anda adalah orang yang suka pantai, ingatlah untuk memasukkannya ke dalam rutinitas anda. Jika anda berencana untuk berada di bawah sinar matahari sepanjang hari, gunakan topi dengan perlindungan UV jika memungkinkan.

Tips 4: Perhatikan kulit kepala anda

Cara mencuci rambut sangat penting yang menunjukkan bahwa memberi kulit kepala dengan sampo tanpa membersihkan kulit kepala juga akan menyebabkan kulit mati, sebum dan debu menumpuk.

Ketika itu terjadi, anda mungkin mengalami kulit kepala yang gatal yang bisa disertai dengan ketombe, jerawat, dan peningkatan kerontokan rambut.

Tips 5: Dapatkan bantuan dari bahan herbal

Jika anda menginginkan solusi alami, aman, dan bebas bahan kimia untuk rambut sehat, anda bisa berkonsultasi dengan konsultan rambut yang berkualifikasi untuk mendapatkan saran.

Tips 6: Jangan tunggu sampai terlambat untuk mencari bantuan

Jika anda melihat rambut rontok, penipisan, atau masalah lainnya, yang terbaik adalah mencari perawatan sebelum masalahnya memburuk.

Kita memiliki jumlah siklus rambut yang terbatas per seumur hidup. Cari bantuan lebih awal ketika folikel masih hidup, dan ketika kemampuan regenerasi kulit dan jaringan rambut masih berada di puncaknya.

Baca Juga: Ulah Maknae Jungkook, Intip Kekacauan 7 Members BTS Lakukan Flying Yoga 

Jika anda menginginkan bantuan untuk rambut, tetapi berhati-hati dalam melakukan paket perawatan, carilah penyedia yang sudah mapan yang menawarkan perawatan percobaan dan memiliki ulasan yang bagus.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...