Ini 5 Makanan yang Bantu Memperlambat Penuaan Sebelum Usia 50 Tahun

Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:49 WIB
Foto (net) Foto (net)

RIAU24.COM - Penuaan memang dikhawatirkan sebagian orang, baik pria maupun wanita, karena kondisi ini dapat memengaruhi penampilan fisiknya. Bertambahnya usia membuat mereka yang awalnya memiliki kulit kencang dan merona, bisa berubah menjadi kendur dan keriput. 

Baca Juga: 5 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 300 Ribu Orang Tewas Karena Topan Besar Kalkuta Hantam India

Mengutip Kompas.com, Selasa (09/08/2022), penting untuk mengetahui cara-cara untuk memperlambat penuaan supaya kita bisa mencegahnya sebelum usia 50-an. 

Berikut ini makanan-makanan yang ternyata bisa membantu memperlambat proses penuaan. 

1. Buah beri

Dilansir dari Eat This, ahli diet terdaftar Sydney Greene, RDN mengatakan beri merupakan sumber antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu faktor yang mendorong penuaan dan menyebabkan bintik, kerutan, dan kulit kering dan kusam. Antioksidan memang dikenal karena sifat antipenuaannya. Molekul dan vitamin ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

2. Bayam dan Berbagai Sayuran Hijau Lainnya

Bayam dan berbagai sayuran hijau lainnya seperti brokoli, kale, dan kangkung juga dapat menjadi makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini. Hal ini karena bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta serat. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik dan efektif untuk mencegah penuaan dini.

Vitamin C merupakan bahan pembuat kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit, sementara vitamin A dapat berperan dalam mencerahkan kulit. Lalu, vitamin E memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K dapat mengatasi peradangan di kulit. Agar nutrisi sayuran hijau tersebut tidak rusak dalam proses memasak, usahakan untuk tak memasaknya terlalu lama.

3. Alpukat 

Greene mengatakan, alpukat merupakan sumber vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin tersebut juga dikatakan Greene dapat mendukung kesehatan kulit dan mengurangi peradangan. Perlu diketahui bahwa vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk kulit, kuku, dan rambut. Asam lemak yang ditemukan dalam alpukat juga dapat menyehatkan tubuh dengan lemak dan mineral untuk menjaga kadar minyak yang sehat.

4. Paprika merah 

Paprika merah kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Sayuran tersebut juga tinggi antioksidan yang disebut karotenoid. "Karotenoid memberi paprika warna merah-kuning dan melawan peradangan, juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan faktor lingkungan," kata Shapiro. 

Baca Juga: Auto Bikin Ngakak! Ini Momen Ji Chang Wook Ketakutan Karena Alasan Sepele di 'Youth MT'

5. Almon Bicara

Soal almond, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kandungan vitamin E-nya yang begitu kaya. Ya, makanan yang termasuk kacang-kacangan itu punya vitamin E yang membantu memperbaiki kerusakan kulit. Shapiro juga menyampaikan, lemak dalam almon membantu menjaga kulit tetap lembab dan tahan terhadap sinar UV. Ia menambahkan, almon juga tinggi serat yang dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe dua serta meningkatkan fungsi kognitif. (Mer)

PenulisR24/riko


Loading...
Loading...