Berikut 5 Tempat Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Kota Medan

Sabtu, 17 September 2022 | 10:25 WIB
 Berikut 5 Tempat Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Kota Medan Berikut 5 Tempat Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Kota Medan

RIAU24.COM - Saat mengunjungi kota medan, ada beberapa tempat wisata religi di Medan yang bisa kamu kunjungi.

Tempat wisata religi tersebut mulai dari masjid, gereja, vihara, kuil, kelenteng dan lainnya.

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

Masjid Raya Medan atau Masjid Al-Mashun

Masjid ini dikenal sebagai salah satu ikon Kota Medan.

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1906 oleh Kesulthanan Deli tepatnya pada masa kepemimpinan Sultan Makmun Al-Rasyid.

Bangunan masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di sisi selatan, timur, utara dan barat.

Gaya arsitektur bangunan yang memadukan gaya Melayu, Arab, India dan Spanyol, berhasil membuat karakter masjid ini terlihat kuat dan estetis.

Masjid Al-Mashun ini berlokasi di Jl. Mahkamah No.74c, RT.02, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara

Maha Vihara Maitreya

Vihara ini didirikan pada tahun 1991 di atas tanah seluas 4,5 hektar yang terletak di kompleks Cemara Asri di Jalan Boulevard Utara, Medan.

Vihara ini sudah lama berdiri, namun baru diresmikan pada tahun 2008 lalu.

Desain dan tata letak vihara ini terlihat sederhana, dengan beberapa sudut yang menarik bagi pengunjung yang suka berfoto.

Gereja Immanuel

Gereja ini terletak di Jalan Diponegoro dan dibangun pada tahun 1921 ini merupakan gereja tertua dan paling bersejarah di Kota Medan.

Gereja ini memamerkan arsitektur renaissance dengan menara berbentuk kubah di atapnya. Hal menarik lainnya adalah terdapat lonceng buatan Belanda dan empat jam Romawi pada bangunan tersebut.

Hingga saat ini, gereja yang mampu menampung sekitar 500 orang itu masih aktif digunakan umat Kristiani untuk beribadah.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa

Vihara Gunung Timur

Kelenteng Tionghoa (Taoisme) di kota Medan dengan luas sekitar 5.000 meter kubik. Kabarnya Kalenteng ini sudah ada sejak tahun 1958.

Klenteng ini dibangun dengan arsitektur Cina dan merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Medan.

Awalnya, bangunan ini dibuat dengan bahan kayu yang sangat sederhana dengan atap jerami. Namun, dengan sumbangan dari para donatur, bangunan vihara tersebut direnovasi secara permanen.

Kuil Shri Mariamman

Kuil ini dibangun dengan gaya arsitektur India yang dikelilingi tembok setinggi 2,5 meter yang dilengkapi relief, ornamen, dan berbagai patung lainnya.

Pada bagian dalam kuil, pengunjung dapat melihat Patung Trimurti yang terdiri dari Patung Dewa Brahma, Patung Dewa Wisnu, dan juga Patung Dewa Siwa.

Kuil ini terletak di Jalan Teuku Umar No. 18. Tak hanya menjadi tempat ibadah, Kuil Shri Mariamman ini juga menjadi objek wisata religi.

PenulisR24/int


Loading...
Loading...