19 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, Donald Trump Ancam Hancurkan Korea Utara Secara Total

Senin, 19 September 2022 | 07:57 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 September /net Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 September /net

RIAU24.COM - Tanggal 19 September merupakan hari ke 262 tahun ini, dan ada 103 hari tersisa dalam setahun.

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

Hari ini telah menjadi hari yang penting selama bertahun-tahun, dan kami di sini untuk memberi tahu Anda beberapa fakta menarik tentang hari ini, serta peristiwa bersejarah yang semuanya terjadi pada hari ini.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2017, Donald Trump mengancam akan menghancurkan Korea Utara secara total? Pidato Presiden PBB disambut oleh campuran keheningan dan ketidaksetujuan.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 September, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

The American Bird Conservancy merilis sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa populasi burung di Amerika Utara telah berkurang sekitar 3 miliar.

2017

Presiden Donald Trump mengancam akan menghancurkan Korea Utara secara total. Meskipun Trump membuat komentar bermusuhan dengan beberapa negara di dunia, Korea Utara menjadi negara yang pertama ia sebutkan dalam pidatonya di majelis umum PBB.

1990

Film kriminal biografi ‘Goodfellas’ dirilis di Amerika Serikat.

Menyusul kesuksesan perilisannya di Venesia pada 9 September, film tersebut dirilis di AS dan meraup $6,3 juta pada akhir pekan pembukaannya.

1988

Album Bon Jovi ‘New Jersey’ dirilis.

1988

Israel meluncurkan satelit pertamanya, Ofek-1, dari Pangkalan Udara Palmachim.

Ofek-1, atau Horizon-1 dalam bahasa Inggris, diluncurkan di atas roket Shavit. Seluruh proyek, dan semua satelit Ofek berikutnya, dirahasiakan sepenuhnya. Cuplikan peluncuran dirahasiakan dari publik hingga 30 tahun kemudian, pada 2018.

1985

Gempa Mexico City merenggut nyawa hingga 45.000 orang. Gempa berkekuatan 8,0 melanda pada 07:17:50 (CST) dan memiliki beberapa gempa susulan yang berbahaya, satu terjadi pada bulan September dan yang lainnya tujuh bulan kemudian.

1971

Atlet Beth Bonner menjadi wanita pertama yang memenangkan New York City Marathon dengan waktu 2:55:22. Juga diyakini bahwa Bonner menjadi wanita pertama yang berlari maraton dalam waktu kurang dari 3 jam.

1952

Acara televisi pertama tentang Superman, yang berjudul ‘Adventures of Superman’ ditayangkan di AS. Acara ini sangat populer sehingga akhirnya ada enam musim dengan total 104 episode.

1944

Pertempuran Hutan Hürtgen dimulai selama Perang Dunia II. Pertempuran itu kemudian menjadi pertempuran individu terpanjang yang pernah dilakukan Angkatan Darat AS.

1893

Hak perempuan untuk memilih di Selandia Baru diberikan Royal Assent. Selandia Baru menjadi negara pertama di dunia yang memberikan hak ini kepada perempuan.

1838

Ephraim Morris mematenkan rem mobil untuk rel kereta api.

1796

Presiden George Washington memberikan surat pidato untuk mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden lagi setelah 20 tahun mengabdi.

1676

Pemberontakan Bacon membuat Jamestown, Virginia, terbakar setelah satu tahun konflik untuk mengubah kebijakan Perbatasan Amerika Asli dan Virginia.

Pemberontakan Bacon adalah pemberontakan bersenjata pemukim Virginia, dinamai pendirinya Nathaniel Bacon melawan Gubernur Kolonial William Berkeley. Berkeley dikenal karena menciptakan kebijakan ramah terhadap penduduk asli Amerika, yang tidak disukai oleh para pemukim Virginia.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 September.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...