18 November: Fakta dan Peristiwa Hari Ini, Milad Muhammadiyah Ke-110 Tahun

Jumat, 18 November 2022 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 18 November 2022 merupakan hari peringatan ulang tahun atau Milad Muhammadiyah yang ke-110. Muhammadiyah sudah berdiri sejak tahun 1912 M atau 8 Dzulhijjah 1330 H.

Baca Juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

Milad Muhammadiyah 18 November adalah momentum nasional yang rutin diperingati setiap tahun.

Tanggal 18 November juga merupakan hari ke-322 dalam setahun dan tersisa 43 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2011, Minecraft secara resmi dirilis di MINECON 2011? Itu akan menjadi video game terlaris sepanjang masa.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Badan Antariksa Brasil mengumumkan bahwa hutan hujan Amazon di negara itu telah mengalami lonjakan deforestasi terbesarnya dalam lebih dari satu dekade.

2018

Seorang warga Amerika berusia 26 tahun, John Allen Chau, dibunuh oleh penduduk asli yang tinggal di Pulau Sentinel terlarang di Teluk Benggala.

Pulau ini terkenal tidak ramah kepada orang luar, dengan banyak yang mencoba mengunjungi kehilangan nyawa mereka.

2017

Shawn Mendes mengklaim single nomor 1 ketiganya di daftar Billboard, menjadikannya orang pertama di bawah usia 20 tahun yang melakukannya.

2013

Probe luar angkasa MAVEN NASA diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Misi penyelidikan itu adalah untuk mempelajari pelarian gas atmosfer Mars ke luar angkasa, untuk mencoba dan memahami lebih lanjut tentang sejarah iklim Mars.

2011

Setelah dua setengah tahun pengembangan Alpha dan Beta, versi lengkap Minecraft dirilis.

Markus "Notch" Persson datang dengan ide untuk Minecraft selama "di luar jam kerja" dari pekerjaan, dan setelah akhir pekan pemrograman, ia merilis Alpha pertama untuk pengujian pribadi pada 16 Mei 2009. Setelah bekerja tanpa lelah selama lima tahun, Persson dihargai dengan cukup baik ketika dia menjual saham Minecraft ke Microsoft seharga $2.5 miliar pada tahun 2014.

2003

Amandemen anti-gay Inggris yang dicabut, Bagian 28, berakhir sepenuhnya di Inggris.

Bagian 28 dari Undang-Undang Pemerintah Daerah 1986 menyatakan pihak berwenang "tidak boleh dengan sengaja mempromosikan homoseksualitas atau menerbitkan materi dengan tujuan mempromosikan homoseksualitas" atau "mempromosikan pengajaran di sekolah mana pun yang dipertahankan tentang penerimaan homoseksualitas sebagai hubungan keluarga yang pura-pura.", Itu dicabut pada 21 Juni 2000 di Skotlandia dan sepenuhnya dicabut untuk Inggris pada hari ini.

1997

Sony Music Soundtrax merilis album "Titanic: Music from the Motion Picture". Album ini terjual lebih dari 30 juta album dan menjadi salah satu dari 100 album terlaris di AS.

1992

Film "Malcolm X," yang dibintangi Denzel Washington, dirilis di AS.

1956

Raja Maroko Mohammed V kembali setelah diasingkan pada tahun 1955.

Meskipun Maroko memperoleh kemerdekaan pada 2 Maret 1956, dan awalnya merayakan ini sebagai hari kemerdekaan mereka, tanggalnya berubah. Selama pendudukan Prancis, Raja Maroko diasingkan pada tahun 1955.

Ketika Raja Mohammed V kembali, ia memberikan pidato terkenal dan mendapatkan kembali kekuasaan atas Maroko. Ketika dia meninggal, hari kemerdekaan Maroko pindah ke tanggal Mohammed V kembali ke Maroko.

1918

Orang-orang Latvia berkumpul bersama untuk memproklamasikan Republik Latvia sebagai negara merdeka.

Kekaisaran Rusia kurang terhibur dengan ini dan menginvasi Latvia bulan berikutnya. Baru pada 11 Agustus 1920, perjanjian damai ditandatangani antara Rusia dan Latvia.

1912

Mengutip dari laman resmi Muhammadiyah, organisasi ini didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H atau 18 November 1912. Pendiri Muhammadiyah adalah seseorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian dikenal dengan KH Ahmad Dahlan.

1872

Suffragette Susan B. Anthony ditangkap di Negara Bagian New York karena memberikan suara secara ilegal dalam pemilihan presiden.

1626

Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan ditahbiskan, menjadi basilika Kristen terbesar di dunia.

1421

Banjir St. Elizabeth dimulai pada malam hari ketika tembok laut di tanggul Zuiderzee di Belanda pecah. Banjir tersebut menewaskan sekitar 10.000 orang dan membanjiri 72 desa. Banjir St. Elizabeth tercatat sebagai banjir terburuk kedua puluh dalam sejarah.

Baca Juga: 9 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...