21 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Televisi Internasional dan Hari Pohon Sedunia

Senin, 21 November 2022 | 08:08 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 November /321horoscope com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 November /321horoscope com

RIAU24.COM 

Tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia dan Hari Pohon Sedunia.

Baca Juga: Kenali Rasa Kecewa Saat Tim Favorit Kalah Berlaga di Piala Dunia

Hari Televisi Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November sejak tahun 1996 dan Hari Pohon Sedunia diperingati ditanggal ini sejak tahun 1872.

Tanggal 21 November juga merupakan hari ke-325 dan tersisa 40 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1931, film Frankenstein, berdasarkan novel Mary Shelley tahun 1818, dirilis? Dia mulai menulis novel ketika dia baru berusia 18 tahun dan, pada awalnya, merilisnya secara anonim.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Elon Musk mengungkapkan truk siber listrik pertama Tesla dengan jendela anti pecah.

Namun, pada pengungkapan besar, ketika jendela anti pecah diuji dengan berulang kali dipukul oleh kepala desain Franz von Holzhausen, jendela-jendela itu hancur. Setelah pidato yang meyakinkan oleh Musk, truk siber itu tidak memenuhi harapan, sehingga harga saham Tesla anjlok 6%.

1998

The Legend of Zelda: Ocarina of Time dirilis di Jepang untuk N64.

Dengan anggaran lebih dari $ 12 juta, Ocarina of Time akan selalu mengesankan. Yang mengatakan, bahkan para pengembang tidak dapat meramalkan status legendaris yang dicapainya: game peringkat tertinggi sepanjang masa di Metacritic.

1996

Pada tanggal 21 November merupakan sebuah hari peringatan penting dimana tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia.

Penetapan hari tersebut telah disepakati oleh Keputusan Majelis Umum PBB pada bulan Maret tahun 1998.

Tujuan hari peringatan tersebut yaitu untuk memberikan wawasan kepada seluruh masyarakat dunia mengenai kebebasan menonton televisi serta mendapatkan informasi mengenai televisi. Perayaan Hari Televisi Sedunia dimulai sejak tahun 1996.

1980

MGM Grand Hotel and Casino, yang terletak di Las Vegas Strip, terbakar, menewaskan 85 orang.

1974

Dua bom meledak di pub-pub di pusat Birmingham, Inggris. Teroris IRA menanam bom, yang menewaskan dua puluh satu orang dan melukai lebih dari 180 orang.

1931

Film Frankenstein, berdasarkan novel Mary Shelley tahun 1818 dengan nama yang sama, dirilis di AS.

1920

Benito Mussolini dan Leandro Arpinati memimpin pasukan pejuang dalam huru-hara antara Fasis dan Sosialis di Bologna, Italia.

1872

Hari Pohon Sedunia diperingati pada 21 November setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk mengampanyekan gerakan menanam pohon. Harapannya, hal itu dapat mencegah dampak kerusakan alam dan perubahan iklim di seluruh dunia.

Peringatan Hari Pohon Sedunia diinisiasi oleh aktivis dan tokoh Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Julius Sterling Morton pada 1872. Karena pentingnya pohon bagi umat manusia dan lingkungan sekitar, perayaan ini lambat-laun menyebar ke negara-negara lainnya.

Perayaan Hari Pohon Sedunia memupuk harapan terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon bagi ekosistem lingkungan. Aksi menanam pohon pada hari itu juga bertujuan mengingatkan masyarakat terkait deforestasi yang masif terjadi di pelbagai penjuru dunia.

1871

Penemu Moses F Gale mematenkan korek api cerutu di AS.

1794

Laksamana Angkatan Laut Inggris William Brown dan krunya menemukan Pelabuhan Honolulu.

1789

North Carolina menjadi negara bagian ke-12 yang bergabung dengan Amerika Serikat.

1783

Guru kimia dan fisika Prancis Jean-François Pilâtre de Rozier melakukan penerbangan balon pertamanya yang sukses.

Kegembiraannya untuk balon akhirnya membunuhnya ketika dia mencoba menyeberangi Selat Inggris dengan Pierre Romain. Ini menjadi kematian kecelakaan udara pertama yang diketahui.

1676

Astronom Denmark Ole Rømer mempresentasikan pengukuran pertama kecepatan cahaya.

Apakah cahaya bergerak dengan kecepatan terbatas telah menjadi bahan perdebatan selama berabad-abad, dan Rømer percaya dia akhirnya memecahkannya, setidaknya sampai taraf tertentu. Dia mempresentasikan temuannya, berdasarkan perhitungan kapan bulan Jupiter Io akan dikalahkan, kepada Royal Academy of Science Paris.

1654

Pria kulit hitam yang dibebaskan Richard Johnson diberikan 100 hektar tanah di negara bagian Virginia.

1386

Tbilisi, ibu kota Georgia, jatuh ke tangan tentara Timur.

Penakluk Turco-Mongolia menangkap pemimpin negara itu, Raja Bagrat V, dan memaksanya untuk masuk Islam di ujung pedang. Ini adalah yang pertama dari delapan invasi yang akan dipimpin Timur terhadap orang-orang Georgia.

695M

Paus Sergius I menguduskan Willibroad sebagai uskup Frisia di Gereja Santa Cecilia di Trastevere di Roma, Italia.

234M

Santo Anterus menjadi Uskup Roma.

Baca Juga: Melakukan Pekerjaan Secara Sekaligus Membuat Seseorang Tidak Fokus

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...