Daftar Pesepak Bola Tertua yang Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

Jumat, 25 November 2022 | 15:09 WIB
Daftar Pesepak Bola Tertua yang Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA Daftar Pesepak Bola Tertua yang Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

RIAU24.COM - Essam El-Hadary, penjaga gawang Mesir, adalah pemain tertua di Piala Dunia FIFA

Peter Shilton, yang paling sering bermain untuk Inggris, berada di peringkat keenam. 

Semua pemain sepak bola bercita-cita untuk bermain selama mungkin, tetapi hanya segelintir yang mampu mempertahankan tingkat kebugaran mereka. 

Bahkan beberapa di antaranya membaik seiring berjalannya waktu. 

Meskipun beberapa pemain top generasi ini, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, berkompetisi di Piala Dunia terakhir mereka di Qatar, mereka sama sekali bukan pemain tertua yang berkompetisi di turnamen sepakbola terbesar.

Baca Juga: Ulet dan Gigih, Ini 5 Zodiak yang Paling Mungkin Sukses Membangun Bisnis

Lihat daftar pemain sepak bola tertua yang bermain di Piala Dunia FIFA, daftar yang sangat didominasi oleh penjaga gawang. 

Tertua

Essam El-Hadary, 45 tahun 161 hari

Essam El-Hadary melakukan debut Piala Dunia FIFA melawan Arab Saudi pada 2018 pada usia 45 tahun dan 161 hari, 22 tahun setelah melakukan debutnya di Mesir. 

Sebelum pertemuan mereka melawan Arab Saudi, Firaun kalah dari Uruguay dan Mesir di pertandingan grup mereka. 

Di babak pertama, Mesir akan kalah dari Arab Saudi jika bukan karena penyelamatan luar biasa El-Hadary dari tendangan penalti Fahad Al-Muwallad. 

Mesir berada dalam kesulitan melawan Saudi. 

Pada hari itu, Essam El-Hadary tidak hanya mengukir sejarah sebagai pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Dunia FIFA, tetapi dia juga mengukir sejarah sebagai debutan tertua dan penjaga gawang Afrika pertama yang menyelamatkan tendangan penalti. 

Faryd Mondragon, 43 tahun, 3 hari

Ketika Faryd Mondragon dari Kolombia memasuki lapangan untuk pertandingan grup terakhir Kolombia melawan Jepang pada tahun 2014, dia berusia 43 tahun tiga hari, menjadikannya pemain tertua yang berkompetisi di Piala Dunia FIFA sebelum Essam El-Hadary pada tahun 2018.

Namun, Faryd Mondragon masih memiliki beberapa rekor. 

Sebelum berkompetisi pada tahun 2014, Faryd Mondragon berpartisipasi dalam Piala Dunia 1998 untuk Kolombia. 

Kesenjangan antara dua pertandingan Piala Dunia adalah yang terpanjang bagi seorang pemain. 

Pemain Kolombia, yang berada di bangku cadangan saat Kolombia kalah 2-1 di perempat final dari Brasil pada 2014, juga merupakan pemain tertua yang tersisa di babak playoff Piala Dunia FIFA. 

Segera setelah Kolombia tersingkir, Mondragon mengumumkan pengunduran dirinya.

Roger Milla, 42 tahun, 39 hari

Pada usia 42 tahun dan 39 hari, Roger Milla dari Kamerun menempati peringkat ketiga di antara pemain sepak bola tertua yang berkompetisi di Piala Dunia FIFA. 

Dia adalah satu-satunya striker yang tampil di lima besar. 

Dalam kekalahan 6-1 dari Rusia di babak penyisihan grup 1994, Milla mencetak satu-satunya gol Kamerun. 

Oleg Salenko dari Rusia mencetak rekor gol terbanyak yang dicetak oleh satu pemain dalam pertandingan Piala Dunia FIFA dengan lima gol dalam pertandingan yang sama. 

Selama 77 pertandingan dan karir lebih dari 20 tahun, Roger Milla mencetak 43 gol.

Baca Juga: 29 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Korpri dan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina

Pat Jennings, 41 tahun

Ketika dia berada di lapangan dalam pertemuan penyisihan grup Piala Dunia 1986 melawan Brasil yang kuat, kiper Irlandia Utara Pat Jennings berusia 41 tahun. 

Seperti yang sudah diantisipasi, tim Brasil merayakannya dengan mengalahkan bocah yang berulang tahun 3-0 dan mencetak tiga gol dalam prosesnya. 

Setelah berpartisipasi dalam 119 pertandingan untuk negaranya antara tahun 1964 dan 1986, Pat Jennings mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun yang sama.

Peter Shilton, 40 tahun, 292 hari

Kiper Inggris Peter Shilton membuat sejarah pada tahun 1990 dengan menjadi pemain tertua yang bermain di pertandingan Piala Dunia. 

Shilton terkenal sebagai penjaga gawang yang membuat Maradona mencetak gol "Tangan Tuhan" yang legendaris di final Piala Dunia 1986. 

Saat Peter Shilton memimpin Inggris melawan Italia di perebutan tempat ketiga pada tahun 1990, Inggris kalah 2-1. Shilton berusia 40 tahun 292 hari. 

Setelah Piala Dunia, Shilton mengumumkan pengunduran dirinya, tetapi sebelumnya mendapatkan 125 caps untuk tim Inggris dari tahun 1970 hingga 1990.

Pesepakbola tertua dalam sejarah Piala Dunia Wanita FIFA 

Formiga, 41 tahun dan 112 hari

Gelandang Brasil Formiga, pada usia 41 tahun dan 112 hari, menjadi pesepakbola tertua yang bermain di Piala Dunia Wanita FIFA selama pertandingan perempat final Brasil melawan Prancis pada 2019, di mana mereka kalah 2-1. 

Formiga adalah satu-satunya pemain di kompetisi pria dan wanita yang bermain di tujuh Piala Dunia FIFA. 

Dia juga pemain sepak bola wanita pertama yang berpartisipasi dalam tujuh Olimpiade. Formiga memulai debutnya pada tahun 1995 dan pensiun pada tahun 2021 setelah memainkan 234 pertandingan untuk Brasil.

 

 

***
 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...