6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Senin, 05 Desember 2022 | 11:37 WIB
Potret Kepulauan Widi Surga Timur Indonesia yang Dilelang di Situs AS. (detik.com/Foto) Potret Kepulauan Widi Surga Timur Indonesia yang Dilelang di Situs AS. (detik.com/Foto)

RIAU24.COM - Baru-baru ini sempat heboh adanya informasi mengenai Kepulauan Widi yang terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara dijual di situs asing.

Informasi dijualnya Kepulauan Widi ini diinformasikan berada pada situs penjualan lelang real estate milik asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS.

Baca Juga: Jamur Cordyceps Muncul di Serial The Last of Us, Apakah Memang Bisa Ubah Manusia Jadi Zombie?
 

Sementara itu, pelelangan Kepulauan Widi ini disebut Widi Reserve. Wakil presiden eksekutif untuk EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika) di Sotheby's Concierge Auctions, Charlie Smith, mengharapkan, adanya tawaran untuk kepulauan. Apalagi, menurutnya banyak miliarder yang tertarik dan berhak memiliki pulau pribadi.

"Setiap miliarder dapat memiliki pulau pribadi, tetapi hanya satu yang dapat memiliki kesempatan eksklusif ini untuk tersebar di lebih dari 100 pulau," kata Charlie dalam pernyataan pers dikutip dari CNN, Minggu (4/12/2022).

Kepulauan Widi sendiri memang menjadi salah satu destinasi yang memiliki potensi tinggi terkait pariwisata. Lalu seperti apa sebenarnya Kepulauan Widi. Berikut beberapa fakta menarik Kepulauan Widi.

1. Ada 100 pulau

Di dalam Kepulauan Widi disebutkan jika terdapat 100 pulau dengan kawasan seluas 10.000 hektare. Dalam situs pelelangan, pulau-pulau ini disebut dengan nama Widi Reserve.

2. Cagar Alam 

Dalam Kepulauan Widi terdapat cagar yang terdiri dari 100 pulau tidak berpenghuni. Untuk luas Kepulauan Widi disebut setara dengan keseluruhan Pulau Bora-Bora di Samudera Pasifik yaitu sekitar 315 hektare. Tidak hanya itu, luas cagar alam ini juga 50 kali lebih besar dari Tetiaroa,kepulauan tol karang resor The Brando.

3. Adanya pantai dan pemandangan laut

Kepulauan Widi memiliki kekayaan alam yang luar biasanya. Di dalamnnya terdapat pantai putih sepanjang 150 kilometer. Pantai ini menyajikan pemandangan bawah laut yang luar biasa dengan keindahan terumbu karang dan berbagai makhluk hidup lainnya.

Bahkan, dalam situs lelang yang beredar, Kepulauan Widi terletak di jantung Coral Triangle. Oleh karena itu, lokasi ini pemandangan yang luar biasa.

4. Banyak spesies hewan langka

Bukan hanya kekayaan alamnya, dalam Kepulauan Widi juga memiliki spesies hewan langka yang tinggal di dalamnya. Dalam situs pelelangan, disebutkan banyaknya spesies hewan langka seperti hiu paus, paus biru, mamalia laut, ikan,burung, bahkan  serangga dan kadal yang jarang ditemukan dan tidak diketahui sebelumnya.

5. Dimiliki pihak swasta

Kepulauan Widi rupanya dimiliki PT Leadership Islands Indonesia (LII). Perusahaan ini memiliki hak untuk dapat mengelola Kepulauan Widi. Dikatakan, nantinya PT LII akan bekerja sama dengan  arsitek luar dan membangun Eco-Resort pada lahan seluas 10 ribu hektare di kepulauan tersebut.

Nantinya bangunan ini juga akan dibuat dengan konsep ramah lingkungan sehingga keasrian Kepulauan Widi tetap terjaga.

Baca Juga: 28 Januari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Privasi Data Global dan Hari Pengurangan Emisi CO2 Internasional  

6. Tidak dapat dimiliki kecuali atas izin pemerintah

Sebelumnya sempat ada informasi mengenai pelelangan Kepulauan Widi di situs lelang di New York. Menanggapi masalah tersebut, pada Rabu (23/11/2022) lalu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi telah menanggapi kalau pulau-pulau di Indonesia tidak ada yang bisa memilikinya.

"Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat/individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu," ujar Jodi.

Namun, jika ada pihak swasta yang mengelolanya itu juga harus ada izin resmi dari pemerintah. Jodi mengatakan, untuk saat ini, kalau Kepulauan Widi dikelola oleh PT Leadership Islands Indonesia (LII) dengan izin pemerintah. Oleh sebab itu, perusahaan tersebut dapat mengelola Kepulauan Widi.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...