Tak Banyak yang Tahu, Inilah Deretan Bintang Paling Terang di Tata Surya

Senin, 16 Januari 2023 | 22:52 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Ada lebih dari 200 juta bintang di alam semesta. Beberapa di antaranya memancarkan cahaya yang sangat terang.

Tahukah kamu apa saja bintang paling terang di alam semesta?

Baca Juga: Ketimbang Jalin Kisah Cinta, 4 Zodiak Ini Lebih Mengutamakan Karir

Nama-nama bintang paling terang di alam semesta adalah: Sirius Canopus, Rigel Kentaurus, Arcturus Vega

Sirius

Sirius adalah bintang paling terang di alam semesta. Bintang sirius dikenal juga dengan nama Alfa Canis Major, hal tersebut dikarenakan Sirius berada dalam rasi bintang Canis Major atau anjing besar.

Dilansir dari Astronomy Picture, Sirius 20 kali lebih terang daripada matahari dengan ukuran yang juga dua kali lebih besar dari matahari.

Namun, Sirius berjarak sekitar 8,7 tahun cahaya dari bumi. Sehingga, tidak terlihat lebih terang daripada matahari dari bumi.

Namun, Sirius tetap bintang paling terang di langit malam.

Bintang Sirius sebenarnya adalah sistem bintang kembar berupa Sirius A dan Sirius B. Sirius A inilah yang merupakan bintang paling terang, sedangkan Sirius B sekitar 10.000 kali lebih redup daripada Sirius A. 

Canopus

Nama bintang paling terang kedua di alam semesta adalah Canopus. Canopus dikenal juga dengan nama Alfa Cariane karena merupakan bintang paling terang dalam rasi bintang Carina.

Canopus berjarak sekitar 313 tahun dari bumi dan memiliki massa yang hampir sama dengan massa matahari.  

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Canopus digunakan sebagai panduan dalam kontrol pesawat ruang angkasa karena jarak sudutnya dari matahari dan kontras kecerahannya di antara benda langit terdekat.

Baca Juga: 5 Februari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Rigel Kentaurus

Nama Bintang paling terang ketiga di alam semesta adah Rigel Kentaurus atau yang lebih dikenal sebagai Alfa Centauri. Alfa Centauri berjarak sekitar 4,3 tahun cahaya dari bumi dan berada dalam rasi bintang Centaurus selatan.

Arcturus

Arcturus adalag bintang paling terang keempat di alam semesta. Arcturus berada dalam rasi bintang Bootes dan berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari bumi.

Dilansir dari Space, Arcturus hanya bermassa sekitar 1,5 kali massa matahari, namun bersinar sekitar 113 kali lebih terang daripada matahari.

Hal tersebut dikarenakan Arcturus memancarkan panas sekitar 215 kali daripada matahari. Vega Bintang plaing terang kelima adalah Vega.

Vega dikenal juga sebagai Alfa Lyrae karena berada dalam rasi bintang Lyra yang membentuk segitiga musim panas.  

Vega berjarak 25 tahun cahaya dari matahari dan memiliki ukuran sekitar tiga kali ukuran matahari. Vega jauh lebih muda daripada matahari, diperkirakan baru berusia sekitar 455 juta tahun.   

***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...