Air Rebusan Kayu Manis Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Benarkah? 

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:20 WIB
Ilustrasi (Kompas.com/Foto) Ilustrasi (Kompas.com/Foto)

RIAU24.COM - Kayu manis dikenal akan beragam khasiatnya. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Benarkah demikian?
Sebagian orang rutin mengonsumsi air rebusan kayu manis. 

Tujuannya, untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Seperti melansir Medical News Today, sejumlah penelitian telah mempelajari klaim khasiat tersebut. 

Salah satunya adalah penelitian tahun 2017 yang melihat efek kayu manis pada orang dengan sindrom metabolik, di mana salah satunya adalah masalah kolesterol.

Baca Juga: Ketimbang Jalin Kisah Cinta, 4 Zodiak Ini Lebih Mengutamakan Karir
 

Peneliti menemukan bahwa setelah 16 minggu, peserta yang mengonsumsi 3 gram suplemen kayu manis setiap hari memiliki efek penurunan berat badan, kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang lebih rendah, kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) yang lebih tinggi, hingga berkurangnya kolesterol total.

Namun, para peneliti mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek ini.

Tak hanya itu, sebuah tinjauan penelitian pada tahun 2021 juga mengamati efek kayu manis untuk menurunkan kolesterol.

Mereka mencatat bahwa dalam sebuah penelitian pada peserta yang sehat, kadar LDL menurun setelah tiga bulan pengobatan. Hanya saja, penurunan ini didapat setelah kadar kayu manis ditingkatkan.

Namun, cara ini tak berhasil membuat kadar kolesterol HDL membaik.

Studi lain pada peserta sehat juga tidak menemukan perbedaan kadar kolesterol antara orang yang mengonsumsi kayu manis dan yang tidak.

Lain halnya lagi dengan American Heart Association (AHA) yang membandingkan efek suplemen dan obat penurun kolesterol. Suplemen yang digunakan termasuk di antaranya yang terbuat dari kayu manis sebanyak 2,4 gram per hari.

Baca Juga: 5 Februari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi  

Para peneliti menemukan bahwa, setelah 28 hari, kadar kolesterol jahat dan total orang yang memakai suplemen kayu manis sama dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen kayu manis.

Peneliti juga menyatakan bahwa suplemen makanan tidak mungkin secara langsung memengaruhi kadar kolesterol seseorang.

Terlepas dari hasil studi yang berbeda-beda, kayu manis dipastikan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...