18 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, Pengambilan Foto Bulan dan Bumi Pertama Kali di Luar Angkasa

Minggu, 18 September 2022 | 00:17 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 September /depositephoto.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 September /depositephoto.com

RIAU24.COM - Tanggal 18 September adalah hari ke-261 dalam setahun, dan kita memiliki 104 hari tersisa hingga akhir tahun 2022.

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

Dari eksplorasi dan konstruksi hingga film dan selebritas, hari ini tentu menjadi hari yang menarik dalam sejarah. Di sini kita akan melihat beberapa peristiwa penting yang terjadi pada hari ini sepanjang sejarah.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1793, Presiden George Washington menandai lokasi Capitol Building di Washington DC? Dia kemudian akan kembali secara berkala untuk mengawasi konstruksi sendiri.

Pada tanggal yang sama di tahun 1977 pesawat ruang angkasa AS, Voyager, mengambil foto pertama bulan dan Bumi bersama-sama dari luar angkasa.

Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 September, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2014

Duta Besar Female of Goodwill PBB, Emma Watson menerima tepuk tangan meriah untuk pidatonya tentang ketidaksetaraan gender di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York, AS.

1990

Liechtenstein menjadi anggota ke-160 PBB.

1984

Kolonel Joseph William Kittinger II menyelesaikan penyeberangan trans-Atlantik pertama kali dengan balon helium.

Prestasinya masih menjadi jarak terjauh yang ditempuh pernah ditempuh balon udara saat ini, dengan menempuh 3.543,7 mil.

1977

Pesawat ruang angkasa AS, Voyager, mengambil foto pertama bulan dan Bumi bersama-sama dari luar angkasa.

1951

Film drama pemenang penghargaan ‘A Streetcar Named Desire’ dirilis di AS.

Film ini didasarkan pada drama tahun 1947 penulis naskah drama Tennessee Williams dengan nama yang sama. Keduanya sangat dihormati dan memenangkan penghargaan, jadi pada tahun 1958, 20th Century Fox memamerkan penerbitan ulang film tersebut, yang menghasilkan $700.000.

1945

Segregasi menyebabkan banyak siswa keluar dari Froebel High School, Gary, Indiana. Sekolah menengah itu kemudian menjadi yang pertama di kota itu yang menerima siswa kulit hitam.

1851

The New York Times menerbitkan edisi pertamanya.

1837

Tiffany & Co didirikan oleh Charles Tiffany dan John Young di Brooklyn, Connecticut.

Tiffany and Young pertama kali mendirikan perusahaan sebagai toko alat tulis dan barang mewah dengan pinjaman $1000 dari ayah Tiffany. Hanya pada tahun 1953, ketika Charles Tiffany mengambil kendali penuh atas perusahaan, ia mulai menekankan penjualan perhiasan kelas atas.

1809

Theatre Royal kedua, Covent Garden di London, dibuka. Pada hari ini, ada dua pertunjukan, Shakespeare's Macbeth dan musikal berjudul The Quaker.

1793

Presiden George Washington menandai lokasi Capitol Building di Washington, DC.

1502

Selama pelayaran keempat dan terakhirnya, Christopher Columbus tiba di Kosta Rika.

1454

Ksatria Teutonik mengalahkan tentara Polandia dalam Pertempuran Chojnice. Pertempuran itu terjadi pada tahun-tahun awal ‘Perang Tiga Belas Tahun’.

96 M

Kaisar Romawi Domitianus dibunuh, dan Marcus Cocceius Nerva menjadi Kaisar baru.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 18 September.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...