29 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Korpri dan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina

Selasa, 29 November 2022 | 08:18 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 29 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 29 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM 

Tanggal 29 November diperingati sebagai Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina.

Baca Juga: Sangat Peduli ke Orang Lain, 5 Zodiak Ini Punya Hati yang Lembut

Hari Korpri diperingati setiap tanggal 29 November sejak tahun 1971 dan Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina diperingati pada tanggal ini sejak tahun 1977.

Tanggal 29 November juga merupakan hari ke-333 dalam setahun dan tersisa 32 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1972, video game pertama yang sukses secara komersial, Pong, dirilis? Game ini membantu membangun industri video game secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 29 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2020

Joe Biden terpeleset saat bermain dengan anjingnya, Mayor, dan ditinggalkan dengan patah tulang garis rambut di kakinya.

2019

Sebuah peninggalan kayu yang diduga berasal dari palungan Yesus dikembalikan ke Betlehem. Fragmen itu diambil 1.400 tahun sebelumnya dan dikembalikan oleh Paus Fransiskus.

2012

Bom di Hilla dan Karbala, Irak, menewaskan 30 Syiah dan melukai 100 lainnya.

2010

Penyanyi-penulis lagu Inggris Adele merilis single hitnya ‘Rolling in the Deep.’ Album ini memenangkan penghargaan untuk Billboard's Record of the Year 2011 dan Grammy's Album and Record of the Year 2012.

2007

Gempa Martinik mengguncang sebagian besar Karibia Timur. Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo itu terjadi pada pukul 15.00 waktu setempat dan menewaskan enam orang sekaligus melukai lebih dari 400 orang.

1995

Presiden Bill Clinton mencabut larangan ekspor minyak Alaska. Larangan itu diberlakukan pada tahun 1973.

1987

New Orleans Saints mengamankan musim kemenangan pertama mereka setelah berada di NFL selama 21 tahun.

1977

Sejak 1977, seluruh dunia memperingati 29 November sebagai Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina. Perayaan itu dilakukan untuk memberikan dukungan kepada Palestina yang saat ini masih berkonflik dengan Israel.

Sudah banyak opsi damai yang ditawarkan kepada kedua negara itu, namun belum bisa diwujudkan hingga kini. Apalagi, Israel masih belum ingin mengembalikan tanah yang dirampas sejak tahun 1918. Maka dari itu, peringatan 29 November lahir.

1975

Gempa berkekuatan 7,4 melanda Hawaii. Guncangan itu menewaskan dua orang dan hingga 28 orang terluka, dengan kerusakan signifikan di bagian selatan Pulau Besar berjumlah $ 4 juta.

1972

Pong dibebaskan. Itu adalah video game pertama yang sukses secara komersial. Video game arcade tenis meja ‘Pong’ dibuat oleh Co-founder Atari Allan Alcorn.

1971

Hari Korpri diperingati bertepatan dengan terbentuknya Korpri, yakni pada 29 November 1971. Pembentukan Korpri dilakukan pada zaman Presiden Soeharto berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82/1971.

Menurut Korps Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Blitar, latar belakang sejarah KORPRI sangat panjang yakni sejak masa penjajahan kolonial Belanda.

Saat itu, kedudukan pegawai merupakan pegawai kasar atau kelas bawah, karena pengadaannya didasarkan atas kebutuhan penjajah semata.

Awalnya, tujuan pembentukan Korpri adalah untuk menghimpun pegawai dari beragam instansi dan tidak memihak pada sisi mana pun.

Namun, berjalannya waktu anggota Korpri sulit membedakan dirinya sebagai anggota Korpri atau anggota lain. Pada saat itu, Korpri yang beranggotakan PNS dinilai memiliki tujuan untuk memperkuat barisan.

1961

Enos, simpanse, diluncurkan ke luar angkasa pada Misi Mercury-Atlas 5.

Enos menjadi simpanse pertama, dan primata ketiga yang mengorbit Bumi, hanya didahului oleh Yuri Gagarin dan Gherman Titov dari kosmonot Rusia. Enos mencatat lebih dari 1.000 jam pelatihan sebelum misi, termasuk paparan terhadap bobot dan g-force tinggi. Misi Merkurius berikut mengirim orang Amerika pertama, John Glenn, ke orbit Bumi.

1947

Angkatan Darat Prancis membantai lebih dari 300 warga sipil di desa Mỹ Trạch, Vietnam.

1899

FC Barcelona didirikan oleh sekelompok pemain sepak bola Inggris, Jerman, Swiss, dan Spanyol.

Ini dimulai ketika Hans Gamper, seorang pemain sepak bola profesional dari Swiss, memposting iklan di surat kabar lokal Barcelona yang menyatakan minatnya untuk memulai klub sepak bola, meminta siapa pun yang tertarik untuk muncul begitu saja. Sebanyak sebelas pemain muncul, sehingga sejarah klub sepak bola dimulai.

1877

Thomas Edison mendemonstrasikan fonograf engkol tangannya untuk pertama kalinya.

Dia mendemonstrasikannya di kantor Scientific American AS, yang pertama dari banyak demonstrasi fonograf di seluruh dunia. Edison mematenkan fonograf pada 19 Februari 1878, yang merupakan awal dari perekaman audio dan sangat maju untuk saat itu.

1775

Ahli kimia amatir Inggris Sir James Jay menemukan tinta tak terlihat.

Setelah bereksperimen dan mempersempit bahan rahasianya menjadi hanya dua cairan, Jay akan mengirim surat kepada saudaranya John di AS. James Jay bahkan mengirim surat kepada Benjamin Franklin yang memperingatkannya tentang rencana Inggris untuk penyerahan koloni secara paksa.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya 

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 29 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...