30 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia

Rabu, 30 November 2022 | 08:12 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 30 November diperingati sebaga Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia.

Baca Juga: Sangat Peduli ke Orang Lain, 5 Zodiak Ini Punya Hati yang Lembut

Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia diperingati setiap tahun pada tanggal 30 November sejak tahun 2017.

Tanggal 30 November juga merupakan hari ke-334 dalam setahun dan tersisa 31 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1872, pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia berlangsung? Itu antara Inggris dan Skotlandia dan berlangsung di Partick, Glasgow, berakhir imbang 0-0.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2018

Ariana Grande merilis video musik ‘Thank U Next’.

Itu adalah video musik terbesar yang diluncurkan di YouTube. Video tersebut memecahkan beberapa rekor di YouTube dan Vevo dan dinominasikan untuk Video of the Year di MTV Video Music Awards 2019.

2017

Pelangi di Taiwan terlihat selama 8 jam 58 menit yang memecahkan rekor. Pelangi melengkung di atas Taiwan utara selama hampir sembilan jam, menjadikannya pelangi terlama dalam catatan.

2000

Misi Space Shuttle ke-101, STS-97, berhasil diluncurkan dari Kennedy Space Center.

1999

Menyusul larangan mengekspor produk daging sapi dari Inggris, pemerintah mengumumkan bahwa larangan daging sapi di tulang akan dicabut.

Pada tahun 1996 Uni Eropa memberlakukan larangan ekspor daging sapi Inggris. Bovine spongiform encephalopathy (BSE), lebih dikenal sebagai Penyakit Sapi Gila, terdeteksi pada daging sapi Inggris. BSE telah dikaitkan dengan penyakit otak manusia vCJD, sehingga ekspor dilarang.

1982

Album studio keenam Michael Jackson, ‘Thriller,’ dirilis oleh Epic Records. Itu adalah album terlaris di seluruh dunia pada tahun 1983. Thriller juga merupakan album pertama yang menjadi terlaris di Amerika Serikat selama dua tahun, pada tahun 1983 dan 1984.

1979

Pink Floyd merilis album studio kesebelas mereka yang berjudul The Wall.

Setelah dirilis, banyak orang, termasuk eksekutif dari label rekaman Pink Floyd, tidak benar-benar tahu harus membuat apa dan bahkan mengkritik album tersebut. Namun demikian, The Wall mencapai status legendaris, dengan rekor platinum di Inggris dan AS dalam hitungan bulan.

1954

Sebuah meteorit menabrak atap rumah Alabama dan menabrak seorang wanita yang sedang tidur siang.

Ann Hodges sedang tidur siang di sofa ketika sepotong meteorit seukuran jeruk bali datang menghancurkan atapnya. Itu memantul dari radio dan mengenai sisinya, tetapi untungnya hanya menyebabkan memar kecil. Polisi setempat menyita meteorit itu dan mengirimkannya ke Angkatan Udara AS.

1936

Crystal Palace di London terbakar dan hancur.

Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 1851 menggunakan besi cor dan kaca plat. Kebakaran kecil dimulai setelah ledakan di ruang ganti wanita, dan sekitar 89 mobil pemadam kebakaran dan lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran datang untuk membantu memadamkan kobaran api yang terus bertambah. Sayangnya, petugas pemadam kebakaran tidak dapat berhasil, dan istana hancur dalam beberapa jam.

1900

Thomas Gibson dan James Mcgrath mematenkan kereta luncur yang dapat dikemudikan. Perbaikan tersebut meliputi baling-baling kaki, rem, dan peralatan kemudi.

1876

Arkeolog Jerman Heinrich Schliemann menemukan topeng Agamemnon di situs Yunani Mycenae.

Topeng Agamemnon adalah topeng pemakaman emas yang berasal dari sekitar 1600 SM. Schliemann menemukan topeng itu bersama tiga orang lainnya, tetapi ini adalah yang paling signifikan, dan dipajang di Museum Arkeologi Nasional Athena.

1872

Pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia berlangsung. Pertandingan itu antara Inggris dan Skotlandia dan terjadi di Hamilton Crescent, Partick, Glasgow. Empat ribu orang datang untuk menonton pertandingan, diakhiri dengan hasil imbang 0-0.

1803

Ekspedisi Balmis dimulai di Spanyol. Ini dianggap sebagai ekspedisi perawatan kesehatan internasional pertama dalam sejarah.

Ekspedisi yang dipimpin oleh Dr. Francisco Javier de Balmis bertujuan untuk memvaksinasi jutaan orang terhadap cacar di Spanyol Amerika dan Filipina.

1753

Benjamin Franklin dianugerahi Medali Godfrey Copley.

1406

Paus Gregorius XII diangkat sebagai kepala Gereja Katolik oleh konklaf 15 kardinal di Roma.

Baca Juga: Khilaf Berbuat Dosa! Berikut Tata Cara Shalat Taubat: Niat, Doa dan Keutamaannya 

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...