Ngeri! Inilah 5 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Dunia Selain Apokaliptik

Sabtu, 03 Desember 2022 | 08:20 WIB
Berikut lima sekte sesat yang pernah ada di dunia selain Apokaliptik /istockphoto Berikut lima sekte sesat yang pernah ada di dunia selain Apokaliptik /istockphoto

RIAU24.COM Sekte Apokaliptik sempat ramai diperbincangkan dan dikaitkan dengan kematian misterius yang menimpa satu keluarga yang meninggal di Kalideres.

Baca Juga: Kisah Menara Eiffel yang Tak Banyak Diketahui Orang

"Jadi mungkin mirip dengan kelompok yang mati massal di Guyana. Atau yang melakukan sesajian massal di pinggir laut dan malah disapu ombak semua. Karena kematian adalah tujuan akhir, maka mereka tidak takut," jelas Adrianus pada awal November lalu, dikutip dari CNN Indonesia.

Dikutip dari laman KBBI Kemendikbud, Sekte adalah sekelompok orang yang punya kepercayaan atau pandangan yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh penganut agama tersebut.

Berikut 5 sekte sesat di dunia yang menarik untuk diketahui:

5. Angels 'Landing'

Selama 15 tahun, Daniel Perez, seorang yang mengaku sebagai malaikat berusia 1.000 tahun.

Ia memimpin kelompok perjalanan para perempuan dari negara bagian ke negara bagian di Amerika Serikat.

Perez memberi tahu para pengikutnya bahwa dia perlu berhubungan seks dengan anak di bawah umur dan perempuan muda untuk tetap hidup.

4. Sekte Aum Shinrikyo

Aum Shinrikyo adalah sekte yang tersobesi dengan kiamat di Jepang. Sekte ini didirikan Shoko Asahara pada 1984.

Kultus tersebut menarik minat para mahasiswa dan lulusan muda dari kampus elit yang percaya bahwa kiamat sudah dekat. Para pengikut juga yakin mereka adalah orang-orang yang selamat.

Pada 1995, anggota sekte itu melakukan serangan gas saraf sarin di sistem kereta bawah tanah Tokyo. Tindakan ini diduga sebagai usaha untuk menunjukkan kiamat.

3. Manson Family

Manson Family adalah komunitas dan kultus yang diciptakan Charles Manson pada 1960-an di California.

Pengikut Manson kebanyakan para perempuan muda. Mereka percaya dia adalah reinkarnasi Yesus dan mengajarkan perang ras akan datang.

Manson memerintahkan pengikutnya untuk membunuh orang karena dia yakin pembunuhan itu akan memprovokasi adanya perang ras.

Secara keseluruhan, sembilan orang terbunuh dalam beberapa serangan kasus secara terpisah. Manson lantas dihukum atas sembilan tuduhan pembunuhan tingkat pertama. Dia dipenjara sampai meninggal pada 2017.

2. Kultus Heaven's Gate Away

Pada tahun 1970-an Marshall Applewhite dan Bonnie Nettles melakukan perjalanan darat melintasi AS. Kemudian pada tahun 1990-an berhasil mendapat pengikut baru.

Sekte ini percaya bahwa satu-satunya bertahan hidup dari bumi yang akan hancur adalah dengan meninggalkannya. Hingga pada tahun 1997, Applewhite membujuk 38 pengikutnya untuk bunuh diri.

1. Apokaliptik di Guyana

Pemimpin sekte ini, Jim Jones, berhasil menanamkan kepercayaan pada pengikutnya sejak 1960-an, hingga membuat gempar dunia pada 18 November 1978. Yaitu sekitar 900 pengikutnya bunuh diri massal di hutan terpencil di Guyana.

Cara hidup keseharian para pengikut ini yakni menyulap hutan lebat menjadi lahan agrikultur. Para pengikut Jones ini bersedia melakukan apa saja termasuk konsumsi narkoba, jadi budak seks, dan kerja tanpa kenal waktu.

Menurut Jones, bunuh diri dinilai sebagai jalan keluar terakhir dari serangan tak terhindarkan oleh pemerintah AS. Bahkan, anggota kongres Leo Ryan yang datang ke lokasi, ditembak mati oleh pengikut Jones.

Baca Juga: Jamur Cordyceps Muncul di Serial The Last of Us, Apakah Memang Bisa Ubah Manusia Jadi Zombie?

Itulah lima sekte sesat yang pernah ada di dunia selain Apokaliptik.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...